Muncul Gejala di Mata? Fix! Anda Bisa Kena Covid Varian Baru

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
14 September 2022 09:00
Aktivitas Warga Saat PPKM Diperpanjang. (CNBC Indonesia/Tri Susilo) Foto: Aktivitas Warga Saat PPKM Diperpanjang. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah penelitian menemukan gejala di mata terkait dengan Omicron. Tanda ini agak berbeda dengan gejala Covid-19 lainnya yang terkait batuk dan demam.

Studi dari jurnal BMJ Ophthalmology menyebutkan gejala paling umum di mata adalah fotofobia, mata perih dan mata gatal. Fotofobia menggambarkan kepekaan cahaya namun menunjukkan tidak nyaman.

Dari 83 subyek yang diteliti, sebagian besar peserta disebutkan mengalami gejala fotofobia, dikutip dari Times of India, Rabu (14/9/2022).

Penelitian itu menemukan gejala umum adalah sensitivitas cahaya. Tanda yang berhubungan dengan mata pada pasien Covid-19 adalah penglihatan kabur dan meta serta mata merah.

Gejala tersebut ditemukan pada pria dan wanita. Sebanyak 81% di antaranya mengalami tanda-tanda tersebut dua minggu setelah gejala lain muncul dan 80% subyek kurang dari dua minggu.

Penelitian yang diterbitkan di Canadian Journal of Ophthalmology mengidentifikasikan konjungtivitis sebagai gejala Covid-19. Tanda tersebut mengacu pada peradangan konjungtivitas atau selaput tipis pada bagian kelopak mata.

Pada Maret 2020, peneliti memeriksa seorang wanita berusia 29 tahun yang datang ke rumah sakit. Gejala pernapasan pada wanita itu minimal untuk Covi-19 namun dengan konjungtivitas yang parah.

Tanda dan gejala Covid-19

Tanda lain dari Covid-19 yang perlu diwaspadai adalah sebagai berikut:

  1. Sakit badan
  2. Sakit kepala
  3. Sakit tenggorokan
  4. Hidung tersumbat atau berair
  5. Kehilangan selera makan
  6. Diare
  7. Suhu tinggi
  8. Batuk baru dan terus menerus
  9. Kehilangan atau perubahan indera perasa atau penciuman
  10. Sesak napas
  11. Merasa lelah


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dokter Ungkap Gejala Aneh Omicron Mirip Meningitis


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading