Tokopedia, Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
08 September 2022 15:18
Tokopedia Foto: Dok.Tokopedia

Jakarta, CNBC Indonesia - Tokopedia, perusahaan teknologi lokal bagian dari Grup GoTo menjadi brand yang paling direkomendasikan versi YouGov. Dalam daftar YouGov Recommend Rankings 2022, Tokopedia menduduki peringkat pertama.

YouGov Recommended Rankings didapatkan dengan memberikan kuesioner ke konsumen, terkait pendapat mengenai berbagai merek pasar. Metode ini memungkinkan YouGov membangun gambaran tentang bagaimana merek ini dipersepsikan oleh masyarakat umum.

Setelahnya, ditemukan data baru yang berisi merek-merek dengan skor rekomendasi rata-rata tertinggi antara 1 Juni 2021 hingga 31 Mei 2022 dibandingkan dengan 1 Juni 2020 hingga 31 Mei 2021.

YouGov Recommend Rankings 2022Foto: YouGov Recommend Rankings 2022



 

Dalam YouGov Recommend Rankings tahun ini, Tokopedia meraih skor 90,2 dari total masyarakat Indonesia yang ikut serta merekomendasikan merek ini. Tokopedia tercatat mengalami kenaikan peringkat secara drastis dalam daftar tersebut setelah sebelumnya hanya menduduki posisi ke enam.

"Platform Indonesia, Tokopedia, telah menduduki peringkat teratas Rekomendasi YouGov untuk 2022 setelah hanya menduduki peringkat keenam tahun lalu," dikutip berdasarkan keterangan YouGov.

Menurut riset YouGov, ada faktor-faktor penilaian konsumen pada brand tertentu. Misalnya saja, seperti pengalaman pelanggan, citra merek, nilai merek, emosi, dan kepribadian konsumen memainkan peran penting dalam menentukan apakah mereka merekomendasikan atau tidak.

"Dalam istilah Marketing, word of mouth atau memberikan rekomendasi kepada seseorang secara verbal merupakan salah satu cara ampuh untuk meningkatkan eksposur dan kredibilitas suatu merek, mengetahui orang-orang jauh lebih mempercayai rekomendasi dari seseorang yang mereka kenal daripada iklan." tambah YouGov.

Aktivitas tersebut biasanya dilakukan saat ada seorang konsumen yang sangat menyukai suatu produk barang atau merek tertentu, maka secara otomatis ingin selalu membicarakan produk barang tersebut kepada orang lain setiap hari.

Dalam hal ini, artinya Tokopedia memiliki respon pengalaman positif dari berbagai konsumen yang akhirnya menyebarluaskan pengalamannya ke orang lain.

Sebagai informasi tambahan, YouGov Recommend Rankings 2022 melacak dan memonitor setiap kinerja merek setiap hari berdasarkan berbagai metrik, dan peringkat Rekomendasi YouGov. Hal ini dilakukan untuk mengukur persentase konsumen yang akan merekomendasikannya kepada teman atau kolega.

Adapun ranking rekomendasi ini dihitung dengan tools YouGov BrandIndex dari data yang telah terkumpul. Data peringkat juga dapat dikembangkan lebih lanjut dengan YouGov Recommend+ pendekatan baru untuk memahami advokasi konsumen.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Kunci GoTo Sukses Sabet Best Employer Awards 2022


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading