Prakerja Gelombang 43 Dibuka, Cara Daftar & Tips Agar Lolos

Tech - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
29 August 2022 13:00
Presiden Joko Widodo Melakukan Silaturahmi dengan Alumni Penerima Kartu Prakerja, Kabupaten Bogor, 17 Juni 2022. (Tangkapan Layar via Youtube Sekretariat Presiden) Foto: Presiden Joko Widodo Melakukan Silaturahmi dengan Alumni Penerima Kartu Prakerja, Kabupaten Bogor, 17 Juni 2022. (Tangkapan Layar via Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Prakerja gelombang 43 sudah dibuka. Layanan bantuan sosial dari Pemerintah RI ini bisa diperoleh oleh seluruh masyarakat Indonesia yang telah memenuhi persyaratan. Total manfaat sebesar Rp3.550.000 berpeluang Anda dapatkan. Segera daftar di prakerja.go.id dan ikuti tips berikut ini agar Anda dijamin lolos.

Program Kartu Prakerja gelombang 43 sejatinya sudah resmi dibuka sejak Minggu (28/8). Kabar ini diumumkan langsung oleh manajemen pelaksana kartu prakerja melalui akun Instagram resmi. Anda juga bisa cek langsung di menu dashboard prakerja yang bisa diakses dengan mudah. Namun, sebelum itu lakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Apa Itu Prakerja?

Prakerja atau Program Kartu Prakerja adalah adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Diluncurkan pada 2020 lalu, gelombang 1 prakerja tercatat dibuka pada 11 April 2020. Adanya program ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan.

Manfaat Prakerja

Bagi peserta yang berhasil lolos seleksi program Kartu Prakerja bakal mendapatkan manfaat berupa bantuan pelatihan/pembekalan kompetensi kerja dan/atau kewirausahaan. Selain itu, zda insentif tunai yang akan didapat para peserta.

Setiap penerima Kartu Prakerja bakal mendapatkan paket manfaat dengan nilai total Rp 3.550.000. Jadi, bagi Anda yang sedang menganggur bisa langsung mendaftar prakerja dan akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  1. Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra termasuk SISNAKER
  2. Insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-walletLinkAja,OvoatauGoPay milik peserta. Insentif ini terdiri dari dua bagian:
    • Insentif pascapengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali survei (Rp150.000).

    • Insentif pascapenuntasan pelatihan pertama sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan (Rp 2,4 juta).

Cara Daftar Prakerja Gelombang 43

Meski sudah diluncurkan sejak 2020, ada banyak orang yang belum tahu program prakerja ini. Jika Anda baru mengetahuinya sekarang, tenang saja karena masih bisa melakukan pendaftaran untuk mendapatkan manfaat prakerja. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mendaftar prakerja:

  • Buka situs prakerja.go.id pada browser HP atau komputer Anda
  • Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK
  • Masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar
  • Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online
  • Klik "Gabung" pada gelombang yang sedang dibuka, saat ini Anda bisa daftar gelombang 43
  • Tunggu pengumuman peserta yang lolos seleksi gelombang di halaman dashboard prakerja.go.id.

Cara Login Akun Prakerja

Setelah melakukan pendaftaran akun dan mengikuti gelombang 43, Anda tinggal menunggu pengumuman hasil seleksi selama kurang lebih satu minggu setelah pembukaan pendaftaran gelombang. Untuk melihat hasil pengumuman atau mengakses menu lain yang ada di dashboard prakerja.go.id, Anda perlu login ke akun prakerja. Berikut caranya:

  • Buka situs prakerja.go.id
  • Masukkan alamat email dan kata sandi yang telah dibuat
  • Ketik angka verifikasi yang muncul di layar, lalu klik "Masuk"
  • Selesai, Anda telah masuk di dashboard prakerja dan bisa melihat gelombang yang sedang dibuka atau menyunting informasi akun di menu profil.

Tips Lolos Prakerja Gelombang 43

Cara daftar prakerja memang cukup mudah, tapi ada banyak masyarakat Indonesia lain yang juga ikut mendaftar. Proses seleksi prakerja cukup ketat sehingga tak jarang banyak orang yang gagal. Ada beberapa faktor yang membuat Anda gagal seleksi prakerja, termasuk kelengkapan persyaratan yang diminta. Berikut tips lolos prakerja gelombang 43:

  • Pastikan memenuhi syarat daftar Kartu Prakerja
  • WNI berusia 18 tahun ke atas
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.
  • Pastikan mendaftar menggunakan email dan nomor HP yang aktif
  • Pastikan data yang dimasukkan telah sesuai dengan data di Dukcapil
  • Upload foto KTP langsung dari kamera HP
  • Saat verifikasi foto wajah, lakukan swafoto alias selfie menggunakan kamera HP

Tips Swafoto Agar Lolos Prakerja

Swafoto atau selfie memang menjadi salah satu syarat yang diminta ketika Anda mendaftar prakerja. Namun, ada beberapa kesalahan yang dilakukan pendaftar saat melakukan swafoto sehingga membuat tidak lolos seleksi. Berikut tips swafoto yang benar agar lolos prakerja:

  • Ambil swafoto menggunakan kamera HP
  • Pastikan wajah Anda terlihat dengan pencahayaan yang cukup
  • Pastikan wajah memenuhi 80% dari frame foto (close up)
  • Pastikan area wajah terlihat jelas, jangan menggunakan aksesoris yang menutupi muka (topi, kacamata hitam, masker, dll)
  • Tidak perlu menyertakan foto KTP saat mengambil swafoto
  • Jangan lupa senyum.

Berapa Lama Proses Seleksi dan Pengumuman Prakerja?

Setiap gelombang pendaftaran program Kartu Prakerja biasanya bakal dibuka di hari Minggu, seperti pembukaan pendaftaran gelombang 43. Namun, Anda bisa langsung mengecek Instagram resmi @prakerja.go.id untuk mendapatkan informasi pastinya.

Setelah pendaftaran dibuka, umumnya ada waktu 3-4 hari bagi para peserta untuk mendaftar sebelum gelombang ditutup. Setelah itu, bakal dilakukan proses seleksi untuk menentukan siapa yang berhak mendapatkan manfaat program ini.

Biasanya, pengumuman peserta yang lolos seleksi prakerja akan diumumkan pada Jumat atau Sabtu alias seminggu setelah pendaftaran dibuka. Jadi, Anda bisa cek pengumuman tersebut menjelang akhir pekan. Keterangan lolos atau tidaknya peserta bakal terpampang jelas di menu utama alias dashboard situs prakerja.go.id.

Berapa Banyak Penerima Prakerja?

Sejak diluncurkan pada April 2020, program Kartu Prakerja sudah mencapai 12,8 juta peserta. Menurut laman resmi Prakerja, ada 11,4 juta orang yang menjadi penerima Kartu Prakerja pada 2020-2021.

Seluruh peserta Kartu Prakerja disebut tersebar dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di Indonesia. Tak hanya masyarakat perkotaan, peserta program ini diklaim juga mencakup masyarakat di daerah 3T (Terluar, Tertinggal dan Terdepan) yang tidak pernah tersentuh oleh pelatihan.

Ada sejumlah Rp20 triliun sebagai anggaran yang digunakan untuk program Kartu Prakerja pada 2020 lalu. Sementara, anggaran di tahun 2021 mengalami kenaikan dan menyentuh angka Rp21,2 triliun.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pembukaan prakerja gelombang 43. Anda bisa langsung akses situs prakerja.go.id untuk melakukan pendaftaran. Jangan lupa perhatikan tips yang sudah dijelaskan di atas agar Anda lolos prakerja gelombang 43. Semoga bermanfaat!


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kartu Prakerja Gelombang 32 Dibuka, Begini Cara Daftarnya


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading