Ngeri! Bumi Tanpa Sinar Matahari Jika Perang Nuklir Rusia-AS

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 August 2022 10:00
Korea Utara melakukan uji coba nuklir, negeri itu meluncurkan rudal hipersonik. (AP/Lee Jin-man) Foto: Korea Utara melakukan uji coba nuklir, negeri itu meluncurkan rudal hipersonik. (AP/Lee Jin-man)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam sebuah studi terbaru memperlihatkan dampak jika perang nuklir antara Rusia dan Amerika Serikat (AS) sampai pecah. Dari Bumi tanpa sinar Matahari hingga 5 miliar orang terancam kelaparan.

Ledakan nuklir disebut akan menyebabkan kebakaran besar, dan asap hitam jelaga akan masuk ke atmosfer lalu menghalangi Matahari. Studi juga menyebutkan kejadian tersebut akan membatasi produksi makanan yang menyebabkan kematian.

Tiap ledakan senjata nuklir akan menghasilkan 5 teragram atau 5 triliun gram jelaga. Di mana akan menyebabkan kekurangan pangan massal pada hampir semua negara.

"Sebagian besar orang akan kelaparan. Ini benar-benar buruk," kata ilmuwan iklim di Universitas Rutgers, Lili Xia dikutip dari USA Today, Jumat (19/8/2022).

Studi itu menuliskan beberapa dampak dari perang nuklir mulai dari cahaya redup, pendinginan global hingga kemungkinan pembatasan perdagangan. Pada akhirnya menjadi bencana global untuk ketahanan pangan.

Penelitian tersebut memperkirakan jumlah kematian karena kelaparan karena perang nuklir. Jika perang pecah antara India dan Pakistan, jumlahnya mencapai 2,5 miliar orang.

Dampak lebih besar akan terjadi jika konflik antar AS dan Rusia terjadi. Perang nuklir dua negara menyebabkan kematian karena kelaparan mencapai 5 miliar orang atau dua kali lipat dari dampak India dan Pakistan.

Laporan Nature.com menyebutkan sembilan negara punya lebih dari 12 ribu hulu ledak nuklir. "Jika senjata nuklir ada, mereka bisa digunakan dan dunia mendekati perang nuklir beberapa kali," kata Alan Robock, profesor ilmu iklim di Universitas Rutgers yang juga rekan penulis penelitian.

"Melarang senjata nuklir merupakan solusi jangka panjang satu-satunya".


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ngeri! Ini 8 Bencana Dahsyat Jika Perang Nuklir Sampai Pecah


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading