Jokowi: Digitalisasi Ekonomi Lahirkan 2 Decacorn & 9 Unicorn

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
16 August 2022 11:14
Ungkap Triple Krisis, Jokowi: Ini Tantangan Yang Sangat Berat(CNBC Indonesia TV) Foto: Jokowi saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat dan Sidang Bersama Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah dalam rangka HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di ruang rapat paripurna, Gedung Nusantara MPR RI/DPR RI/DPD RI, Jakarta, Senin (16/8/2022). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus terus didukung agar bisa segera naik kelas. Tidak hanya itu, peran UMKM dalam mendukung UMKM juga harus terus didorong.

"Digitalisasi ekonomi yang telah melahirkan dua decacorn dan sembilan unicorn terus kita dorong untuk membantu pemberdayaan UMKM," ujar Jokowi saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat dan Sidang Bersama Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah dalam rangka HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di ruang rapat paripurna, Gedung Nusantara MPR RI/DPR RI/DPD RI, Jakarta, Senin (16/8/2022).



Menurut kepala negara, sebanyak 19 juta UMKM telah masuk dalam ekosistem digital dan ditargetkan sebesar 30 juta UMKM akan masuk ekosistem digital pada tahun 2024.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, berbagai bantuan pendanaan murah juga terus dilanjutkan. Penayangan produk UMKM di E-katalog pemerintah diharapkan akan menyerap produk UMKM.

"Di saat yang sama, kewajiban APBN, APBD, dan BUMN untuk membeli produk dalam negeri juga akan terus didisiplinkan," ujar Jokowi.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

RUNS Catat Kenaikan Pengguna iKAS Hingga 25 Kali Lipat


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading