Ini Tugas Penting Buat 2 Decacorn & 9 Unicorn RI Dari Jokowi

Tech - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
17 August 2022 18:35
infografis Mengenal Istilah dan 4 startup unicorn RI Foto: infografis/infografis Mengenal Istilah dan 4 startup unicorn RI/Aristya RAhadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo juga menyinggung soal ekonomi digital dalam Pidato Kenegaraan 2022 di Sidang Tahunan MPR RI. Setidaknya RI kini sudah memiliki dua decacorn dan sembilan unicorn.

Nantinya perusahaan startup dengan valuasi yang sudah mencapai triliunan ini, diharapkan dapat mendukung pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"19 juta UMKM telah masuk dalam ekosistem digital dan ditargetkan sebesar 30 juta UMKM akan masuk ekosistem digital pada tahun 2024," ujar Jokowi, dikutip (17/8/2022).


Dua startup decacorn yang disebut mulai dari layanan kirim barang J&T Express dan layanan ride-hailing Gojek yang memegang status decacorn.

Menurut laporan dari CB Insight, J&T Express kini memiliki valuasi sekitar US$ 20 miliar, dengan investor yang tercatat dari Hillhouse Capital Management, Boyu Capital, Sequoia Capital China.

J&T adalah perusahaan logistik last-mile yang didirikan oleh dua eks bos produsen smartphone Oppo, Jet Lee dan Tony Chen.

Adapun, Gojek kini telah menjadi perusahaan terbuka yaitu GoTo setelah merger dengan perusahaan digital lainnya Tokopedia. Pendiri Gojek, Nadiem Makarim, kini adalah menteri di kabinet Jokowi.

Tokopedia sendiri adalah satu dari sembilan unicorn Indonesia. Selain Tokopedia, ada juga Bukalapak yang sama-sama telah melantai di bursa saham Indonesia.

Perusahaan unicorn RI lainnya adalah perusahaan online travel agent Traveloka, perusahaan gerbang pembayaran Xendit, aplikasi investasi Ajaib, gerai kopi Kopi Kenangan, dan perusahaan dompet digital yaitu DANA dan OVO.

Nama unicorn terakhir sepertinya adalah salah satu dari perusahaan di bawah grup Djarum, yaitu platform e-commerce Blibli atau platform online travel agent Tiket.com.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tak Semua Rugi, Startup Ini Omzet Triliunan Kalahkan Decacorn


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading