Lawan Tesla, Startup Kembaran Gojek Siap Rilis Mobil Listrik

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
16 August 2022 11:30
Penampakan mobil listrik produksi Ola Foto: dok Ola

Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Ola Electric Bhavish Aggarwal mengatakan bahwa perusahaannya akan meluncurkan kendaraan listrik yang dapat melaju hingga 100 kilometer per jam (lebih dari 62 mph) dalam empat detik.

Langkah ini Ola ambil sebagai langkah awal untuk mendapatkan pijakan di sektor EV yang masih baru dan tumbuh di India.

Dalam presentasi video, Aggarwal menawarkan sejumlah detail tentang kendaraan buatan India tersebut.


Mobil listrik itu akan memiliki jangkauan lebih dari 500 kilometer per pengisian, atap kaca, dan kemampuan mengemudi yang dibantu. EV juga akan hadir tanpa kunci dan tanpa gagang pintu. Perusahaan berencana meluncurkan kendaraan tersebut pada 2024.

"Pembuat mobil global berpikir bahwa pasar India belum siap untuk teknologi kelas dunia dan, karenanya, menjual teknologi hand-me-down mereka di India," katanya, dilansir dari CNBC Internasional, Selasa (16/8/2022). "Ini perlu diubah," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama dia juga mengumumkan rencana untuk mengembangkan apa yang disebutnya "hub full-EV" dengan memperluas "Futurefactory" perusahaan di negara bagian Tamil Nadu, yang saat ini berfokus pada produksi kendaraan bermotor listrik roda dua.

Pada skala penuh, dia mengatakan fasilitas pabrik yang diperluas akan menghasilkan 1 juta mobil, 10 juta kendaraan roda dua dan baterai berkapasitas total 100 gigawatt jam setiap tahun. "Ola Futurefactory yang dirancang ulang ini akan menjadi ekosistem EV terbesar di dunia di satu lokasi," ujarnya.

Ola Electric adalah cabang EV dari perusahaan ride-hailing Ola, yang didirikan pada 2011. Baik Ola dan Ola Electric telah menarik investasi dari SoftBank Group.

India sendiri menjadi pasar yang belum dimanfaatkan dalam hal mobil listrik, tertinggal di belakang China, Uni Eropa, dan AS.

"Di Brasil, India, dan Indonesia, kurang dari 0,5% penjualan mobil adalah listrik," catatan Global EV Outlook dari International Energy Agency.

Usaha Ola ke pasar mobil listrik India akan membuatnya bersaing dengan Tata Motors dan Mahindra Electric Mobility, antara lain. Menurut IEA, SUV Nexon BEV Tata adalah mobil listrik terlaris di India pada tahun 2021.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Masih Mahal, Populasi Mobil Listrik Baru 1%


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading