Transaksi di LN Makin Mudah, Tak Perlu Tukar ke Dolar AS Lagi

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
07 July 2022 15:40
QRIS

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta mengatakan Indonesia sudah siap secara infrastruktur untuk melakukan pembayaran antar negara (cross-border payment).

"Sekarang kita sudah siap infrastrukturnya kenapa kita nggak langsung aja, jadi bukan talking-talking lagi, action yang praktikal, first mover," ujarnya saat Taklimat Media virtual, Kamis (7/7/2022).


Infrastruktur yang ia maksud bisa berupa QRIS atau fast payment yang nantinya terhubung dengan lima negara ASEAN. Saat semua sistem pembayaran terhubung akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Adapun manfaat yang ia sebutkan seperti biaya transfer lebih murah, pelancong akan menjadi lebih efisien karena tidak perlu menukar mata uang dan membawa banyak uang cash saat berlibur.

"Tourism akan menjadi lebih efisien, gak usah bawa duit banyak, gak usah tuker-tuker, ga ada biaya yang terekspos di situ," jelasnya.

Dan terlebih soal mata uang lokal atau Local currency, ia mengaku BI sedang melakukan pilot project terakhir di Malaysia dan Thailand. Di mana saat scan mata uang, langsung akan muncul langsung berapa rupiah dari nominal tersebut. Jadi tak perlu lagi mengubah kurs ke Dolar AS dulu baru di rupiahkan.

"Coba ke Malaysia atau Thailand, kita sedang piloting terakhir. Jadi kalau scan berapa 10 baht misalnya, nanti akan muncul harganya 10 baht kurs nya akan muncul di situ dikali 300, artinya 3000 gitu ya," kata Fili.

"Dan nanti bukan lagi harus membayar dalam baht tetapi langsung uang kita dalam bentuk rupiah. Jadi artinya tidak harus dikurskan ke USD dulu nati USD baru ke rupiah." pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Seng Ada Lawan! Nih Sederet Kecanggihan BI Fast


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading