Wow, Sudah 5.000 UMKM di Jakarta Pakai Kasir Online Lho

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
04 July 2022 15:13
Pengunjung saat membeli makanan di Mall Summarecon Bekasi, Selasa (26/5). Pantauan CNBC Indonesia Summarecon Mall Bekasi hingga kini masih beroperasi secara terbatas imbas pandemi COVID-19. Hanya toko makanan dan farmasi yang buka di pusat perbelanjaan ini. Namun untuk gerai makanan tidak melayani makan di tempat. Usai Presiden RI Jokowi meninjau  mall Summarecon dalam waktu dekat siap beroperasi secara penuh karena kasus positif virus Corona di wilayah tersebut sudah landai dan dikategorikan zona hijau. Nantinya pengunjung mal bakal dibatasi hanya 50% dari kapasitas normal. Begitu pula dengan gerai-gerai yang ada di dalamnya, kapasitasnya hanya boleh 50% dari kondisi normal. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pintar Ventura Group (PVG) mencatat sebanyak lebih dari 5.000 UMKM telah memanfaatkan layanan kasih online Posy. 

Direktur Utama PVG Vlad Ayukaev mengatakan Posy diluncurkan pada 2021 oleh PVG yang memfokuskan pada digitalisasi UMKM. Fitur kasir online ini membantu UMKM mengelola pembayaran, memantau penjualan, akuntansi penjualan, dan analitik.

"Misi utama kami adalah membuat layanan keuangan lebih efisien dan tepat sasaran sehingga setiap pengusaha di Indonesia bisa terlibat dalam sistem finansial, mengelola keuangannya, dan menemukan visi baru untuk mengembangkan usahanya," kata dia dikutip dari siaran pers, Senin (4/7/2022).


Adapun menurut dia, dalam waktu dekat Posy akan menambahkan sejumlah pembaruan. Sehingga akan menghasilkan peningkatan efisiensi bisnis dan transparansi untuk pemilik.

"Selain dapat memantau penjualan dan saldo, pengusaha kecil akan memiliki kesempatan untuk memantau transaksi per hari, per minggu, dan per bulan, juga mencatat data pelanggan tetap dan memberi mereka alat promosi menggunakan modul program loyalitas," ungkap Vlad.

Seperti diketahui selama beberapa bulan terakhir, tim penjualan kasir online Posy telah mengunjungi lebih dari 17.000. Dari jumlah tersebut, sebanyak 77,4% UMKM dijalankan oleh pemiliknya sendiri, dan hanya 22,6% yang memiliki beberapa pegawai.

Dia menjelaskan, bahwa Posy dapat memproses pembayaran QRIS di perangkat Android. UMKM yang Posy juga dapat menggunakan fitur built-in PPOB dan menawarkan pelanggannya layanan pembayaran barang digital, seperti pembelian data Internet atau komunikasi seluler, serta tagihan listrik dan air.

"Opsi ini akan memungkinkan pemilik usaha kecil untuk menarik lebih banyak pelanggan, guna meningkatkan pendapatan," pungkas dia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tokopedia Luncurkan Layanan Fulfillment 'Dilayani Tokopedia'


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading