Tokopedia Luncurkan Layanan Fulfillment 'Dilayani Tokopedia'

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
21 March 2022 10:28
Tokopedia Luncurkan Layanan Fulfillment ‘Dilayani Tokopedia’ Foto: Dok Tokopedia

Jakarta, CNBC Indonesia - Layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) Tokopedia, yang sebelumnya bernama TokoCabang, kini bertransformasi menjadi 'Dilayani Tokopedia'. Layanan ini diluncurkan pada Jumat (18/3/2022) dan membuka kesempatan penjual menitipkan produk di 'gudang pintar' di wilayah dengan permintaan tinggi.

AVP of Fulfillment Tokopedia, Erwin Dwi Saputra, mengatakan 'Dilayani Tokopedia' sepenuhnya membantu penjual dari segi operasional bisnis. Layanan yang dihadirkan mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan hingga penanganan jika ada kendala transaksi.

"Pemanfaatan gudang pintar Dilayani Tokopedia juga membantu mendongkrak penjualan. Hal ini terbukti dari data internal yang menunjukkan bahwa penjual yang memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia sukses mengalami peningkatan rata-rata transaksi sebesar hampir dua kali lipat dibanding sebelum menggunakannya," jelas Erwin dalam siaran resmi, Minggu (20/3/2022).


Dia juga menyebutkan secara keseluruhan, ada lonjakan transaksi layanan fulfillment Tokopedia hampir empat kali dibandingkan tahun sebelumnya. Saat ini, gudang pintar Dilayani Tokopedia tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang dan akan terus bertambah di kota lainnya.

"Tokopedia akan terus berupaya menghadirkan layanan prioritas bagi para penjual untuk meningkatkan daya saing bisnis lewat Dilayani Tokopedia," kata Erwin.

Tokopedia Luncurkan Layanan Fulfillment ‘Dilayani Tokopedia’Foto: Dok Tokopedia
Dok Tokopedia

'Dilayani Tokopedia' juga menghadirkan layanan prioritas, cepat dan aman bagi para pembeli di seluruh penjuru Indonesia. Pembeli bisa mengakses banyak pilihan produk dengan cepat, menikmati ongkos kirim Rp0 se-Indonesia serta garansi barang tiba maksimal 4 jam untuk pengiriman dalam kota dan 48 jam di berbagai kota lainnya setelah pembayaran.

"Di 2021, wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang dan Yogyakarta menjadi daerah dengan transaksi tertinggi dalam menggunakan layanan gudang pintar kami," tambahnya.

Salah satu peran 'Dilayani Tokopedia' yang mendongkrak produktivitas petani yakni Pupuk Dinosaurus. Berawal dari kepedulian terhadap petani di Nusa Tenggara Timur (NTT), Freddy Wijaya dan Steven Wijaya mendirikan Pupuk Dinosaurus. Mereka memproduksi pupuk organik untuk meningkatkan produktivitas lahan sehingga pendapatan petani ikut melonjak.

"Kegiatan kami semula bersifat sosial. Kini, produk Pupuk Dinosaurus bisa dijangkau petani di berbagai wilayah, seperti Sumatera, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, hingga Maluku. Senang sekali rasanya, produk kami bisa membantu petani Indonesia memaksimalkan hasil panen," ujar Freddy.

Pupuk Dinosaurus juga rutin menyediakan berbagai video edukasi melalui kanal media sosial terkait tips dan trik meningkatkan produktivitas serta hasil panen yang lebih berkualitas. Freddy berharap, ilmu serta wawasan yang didapatkan oleh para petani secara gratis bisa dibagikan ke petani lainnya.

Freddy memanfaatkan Dilayani Tokopedia demi memastikan produknya dapat diakses petani di seluruh penjuru Indonesia dengan mudah.

"Berkat Dilayani Tokopedia, omzet kami meningkat signifikan. Hal ini juga menjadi penyemangat kami untuk terus berkontribusi pada kemajuan sektor pertanian Indonesia," jelasnya.

Tokopedia Luncurkan Layanan Fulfillment ‘Dilayani Tokopedia’Foto: Dok Tokopedia
Pupuk Dinosaurus

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Telkomsel Sinergi Untuk Negeri, Akselerasikan BUMN & UMKM


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading