Pemprov Lampung Bersama Tokopedia Dukung Digitalisasi UMKM

Entrepreneur - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
18 March 2022 15:47
Pemprov Lampung Bersama Tokopedia Dukung Digitalisasi UMKM

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Provinsi Lampung dan Tokopedia bekerja sama untuk mengembangkan bisnis para pelaku IKM dan UMKM di wilayah Lampung. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan MoU yang dihadiri secara langsung oleh Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi dan Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni.

Astri mengungkapkan kerja sama tersebut menjadi kebanggaan bagi perusahaan untuk terlibat kolaborasi dengan Kementerian Perindustrian dan Pemerintah Provinsi Lampung dalam mengakselerasi transformasi digital para pegiat IKM dan UMKM lokal.

Menurut dia, penandatanganan MoU tersebut merupakan langkah awal dari berbagai kerja sama Tokopedia bersama Provinsi Lampung dalam pengembangan UMKM.


"Salah satu upaya yang akan ditempuh adalah pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan secara rutin bagi IKM dan UMKM Lampung oleh Tokopedia bersama Pemprov Lampung ke depannya," ujar Astri dalam keterangan tertulis, Jumat (18/3/2022).

Pemprov Lampung Bersama Tokopedia Dukung Digitalisasi UMKMFoto: Dok Tokopedia
Pemprov Lampung Bersama Tokopedia Dukung Digitalisasi UMKM

Dia menyebut kolaborasi itu sejalan dengan inisiatif Hyperlocal Tokopedia, yakni mendorong IKM dan UMKM di Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

"Tokopedia berharap melalui program pelatihan bersama Pemprov Lampung ini dapat mendorong produk IKM dan UMKM lokal agar menjadi pilihan utama masyarakat untuk kita bisa bangkit bersama serta mendorong pemulihan ekonomi nasional," ujar Astri.

Seperti diketahui Provinsi Lampung sebagai movement area penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI) pada tahun ini. Gernas BBI Tahun 2022 di Provinsi Lampung mengangkat tema Satu Bumi Juta Karya, melalui event Lampung Begawi Festival atau Lagawi Fest.

Dalam kesempatan yang sama Arinal mengatakan Provinsi Lampung Provinsi Lampung merupakan provinsi ke-5 di Pulau Sumatera yang ditunjuk sebagai Host Gernas BBI Tahun 2022. Sebelum Lampung, Gernas BBI dipegang Provinsi Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, dan Bangka Belitung.

"Dengan penyelenggaraan Gernas BBI di Provinsi Lampung, diharapkan bisa mendorong national branding dari produk lokal IKM dan UKM unggulan Lampung, sehingga menciptakan industri, kreasi, dan inovasi baru serta pasar yang lebih besar bagi IKM dan UKM di Provinsi Lampung," pungkasnya.

 


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading