FIFA Pakai Teknologi Ini, Hakim Garis Bisa Nganggur

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
03 July 2022 13:00
Teknologi offside FIFA

Jakarta, CNBC Indonesia - Federasi sepak bola dunia, FIFA, resmi mengumumkan bahwa teknologi offside semi-otomatis akan digunakan di Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar.

Teknologi tersebut akan membantu wasit dan ofisial untuk dapat menentukan keputusan posisi offside yang lebih cepat dan akurat.

Dikutip dari situs resmi FIFA, Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan, dengan bekerja sama dengan Adidas dan berbagai mitra, khususnya dengan Kelompok Kerja untuk Keunggulan Inovasi dan penyedia teknologi, FIFA sejatinya memang telah menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk lebih meningkatkan sistem asisten wasit virtual (VAR), termasuk penggunaan teknologi offside semi-otomatis.


Teknologi baru ini menggunakan 12 kamera pelacak khusus yang dipasang di bawah atap stadion untuk melacak bola dan hingga 29 titik data dari setiap pemain, 50 kali per detik, menghitung posisi pasti mereka di lapangan.

Sebanyak 29 titik data yang dikumpulkan mencakup semua anggota badan dan ekstremitas yang relevan untuk melakukan panggilan offside.

Di dalam bola Al Rihla alias bola pertandingan resmi Adidas untuk Qatar 2022, akan sensor unit pengukuran inersia (IMU) yang berfungsi untuk mendeteksi offside. Sensor ini, diposisikan di tengah bola, mengirimkan data bola ke ruang operasi video 500 kali per detik.

Dengan menggabungkan data pelacakan tungkai dan bola serta menerapkan kecerdasan buatan, teknologi baru ini memberikan peringatan offside otomatis kepada ofisial pertandingan video di dalam ruang operasi video setiap kali bola diterima oleh penyerang yang berada dalam posisi offside pada saat itu.

Setelah keputusan dikonfirmasi oleh ofisial pertandingan video dan wasit di lapangan, titik data posisi offside kemudian dibuat menjadi animasi 3D yang secara sempurna memerinci posisi anggota badan pemain di lapangan, kemudian akan ditampilkan di layar raksasa di stadion dan juga akan tersedia bagi mitra siaran FIFA.

DOHA, QATAR - JANUARY 29: A football fan holding the maroon and white national flag of Qatar with a replica of the FIFA World Cup Trophy in Doha, Qatar, the host venue for the FIFA World Cup Final 2022 (Photo by Matthew Ashton - AMA/Getty Images)Foto: Qatar (Photo by Matthew Ashton - AMA/Getty Images)

Teknologi offside semi-otomatis ini telah berhasil diuji coba di berbagai pertandingan, seperti di FIFA Arab Cup 2021 dan FIFA Club World Cup 2021.

Semua detail tentang pengaturan teknologi offside semi-otomatis dan teknologi bola yang terhubung akan dipresentasikan kepada tim yang lolos ke Piala Dunia FIFA 2022 di Lokakarya Tim di Doha pada 4 dan 5 Juli dan kemudian dibagikan kepada publik.

[Gambas:Youtube]




[Gambas:Video CNBC]

(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading