Green Economic Forum 2022

Hulu ke Hilir, Ini Upaya Kemenkominfo Terapkan Green Economic

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
30 June 2022 11:14
Menkominfo: Potensi Ekonomi Hijau ASEAN Capai USD 1 Triliun  (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyampaikan komitmennya dalam mendorong penerapan green economic lewat pembangunan infrastruktur mulai dari hulu hingga hilir.

Untuk hulu, Kementrian Komunikasi dan Informatika ujarnya mengupayakan pembangunan seperti fiber optic satelit agar dapat mengkonsiderasi net zero emission, melalui bahan bakar satelit yang ramah lingkungan. Sementara di sektor hilir, hal yang dilakukan pihaknya yakni pembangunan green data cente.

"Ini penting mengingat ke depan akan berkembang cloud yang semakin menjadi wadah untuk berbagai teknologi digital , seperti Iot, dan big data," kata Johnny G Plate dalam acara Green Economic Forum 2022 yang diadakan CNBC Indonesia, Kamis (30/6/2022).


Johnny G Plate menambahkan, data center saat ini sangat penting dan semakin dibutuhkan. Ia mencontohkan sebagai gambaran di dunia telah menggunakan 200 terawatt hour energy dan diperkirakan bahwa data center menyumbang 2% total emisi karbon dunia.

Melihat itu, efisiensi sangat dibutuhkan, terutama karena data center di negara tropis umumnya menggunakan 35% energi pendingin.

"Kominfo mendorong 3 faktor Keberadaan pasokan listrik cadangan yang mengunakan teknologi hijau, pengunaan sistem pendingin dan pemanfaatan TIK yang ramah lingkungan," tambahnya.

Selain itu di ranah hilirisasi, kominfo juga ikut mendorong agar industri di bidang digital lebih memperhatikan net zero emission.

Dalam momentum g20 transisi energi juga menjadi isu penting yang perlu untuk dibahas, termasuk stakeholder ekositem teknologi digital, karena ini memungkinkan, termasuk di Indonesia.

Iapun berharap seluruh stakeholder, agar dapat memperkuat green financing untuk mendukung green digital ekonomi.

"Sudah saatnya perkembangan industri teknologi dalam hal ini digital green ekonomi, dapat menjadi mendium titik temu bagi berintegrasi teknologi berkelanjutan melalui kolaborasi. Mari kita dorong percepatan realisai green economic di Indonesia, selaras dengang mewujudkan indonesia yang terkoneksi," tutupnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Schneider Terapkan Teknologi Ini Untuk Transisi Ekonomi Hijau


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading