Ada Badai PHK, Startup Unicorn Ini Malah Rekrut Karyawan Baru

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
29 June 2022 14:45
Business concept with copy space. Office desk table with pen focus and analysis chart, computer, notebook, cup of coffee on desk.Vintage tone Retro filter, selective focus. (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah startup diketahui melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam beberapa waktu terakhir. Namun di saat bersamaan, beberapa perusahaan lain ternyata tetap menerima pegawai baru atau membuka lowongan pekerjaan.

Misalnya saja PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) yang cenderung merekrut karyawan baru. Dalam laporan keuangan yang tidak diaudit kedua perusahaan pada kuartal I-2022 terdapat penambahan jumlah karyawan.

GOTO memiliki 9.044 orang pada akhir Desember 2021. Per 31 Maret 2022 jumlah bertambah 97 orang menjadi 9.141 karyawan.


BUKA juga mengalami hal yang sama. Dari 2.236 pegawai pada 31 Desember 2021 menjadi 2.322 orang atau bertambah 86 karyawan.

Sejumlah perusahaan kripto juga diketahui tetap menerima pegawai baru atau tidak melakukan PHK sama sekali. Padahal sektor kripto dihantam beberapa masalah amblesnya harga stablecoin Terra, potensi kebangkrutan jaringan Celcius, dan kebangkrutan Three Arrows Capital.

Binance mencatat masih memperkerjakan lebih dari 2.000 orang di seluruh Eropa, Asia, Amerika Selatan, dan Timur Tengah. CEO Changpeng Zhao mengatakan keinginannya untuk terus mengembangkan tim.

"Kami akan terus mengembangkan tim kami sesuai rencana dan melihat momen ini sebagai peluang mendapatkan akses ke beberapa talenta terbaik industri," ucapnya, dikutip dari Coindesk, Rabu (29/6/2022).

Sementara itu Kraken dikabarkan ingin menambah 500 pegawai lagi. ConsenSys membuka 125 posisi untuk memperluas tenaga kerjanya.

Saat pasar kripto jatuh, Polygon memiliki lebih dari 100 peluang kerja. Selain itu Chainlink Lab, Aave, dan Uniswap Lab telah mempositing lebihd ari 80 lowongan pekerjaan dalam laman karir masing-masing.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Enggak Cuma RI, 'Tsunami' PHK Juga Hantam Startup di India


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading