Tiba-tiba Hacker Rusia Serang Lithuania, Ada Apa?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 June 2022 17:55
Infografis: Pakai 20 Password Ini? Ganti Segera Atau Dirampok Hacker Foto: Infografis/Pakai 20 Password Ini? Ganti Segera Atau Dirampok Hacker/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Grup peretas asal Rusia, Killnet mengakui melakukan serangan siber DDOS di Lithuania. Kelompok itu memastikan penyerangan terus dilakukan hingga Lithuania mencabut larangan transit barang.

"Serangan akan berlanjut hingga Lithuania mencabut blokade. Kami telah menghancurkan 1.652 sumber daya web. Dan itu hanya sejauh ini," kata juru bicara Killnet, dikutip dari Reuters, Selasa (28/6/2022).

Sebelumnya Lithuania memblokir transit barang menuju ke ekslave Kaliningrad. Larangan tersebut seiring sederet sanksi dari Uni Eropa atas serangan militer di Ukraina.


Kaliningrad bagian dari Federasi Rusia, berjarak 1.200 kilometer dari Moskow. Letaknya di antara Lithuania dan Polandia.

Kaliningrad terhubung ke seluruh wilayah Rusia dengan jalur kereta api yang melalui Lithuania. Negara itu menjadi satu-satunya pintu masuk membawa mulai dari batu bara, logam, bahan konstruksi, dan sejumlah teknologi canggih.

Larangan itu juga membuat Rusia mengancam Lithuania yang akan mengambil 'langkah-langkah tepat'. Ini ditegaskan Kepala Dewan Keamanan Rusia, Nikolai Patrushev pekan lalu.

Dia memperingatkan Lithuania mengenai konsekuensi 'serius' mengenai larangan transit tersebut. "Rusia pasti akan menanggapi tindakan bermusuhan seperti itu," tegas Patrushev, dikutip AFP.

"Konsekuensinya akan memiliki dampak negatif yang serius pada penduduk Lituania".


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ukraina Undang Hacker 'Underground' Bantu Intai Rusia


(npb/npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading