Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack, Jangan Panik!

Tech - Tim, CNBC Indonesia
28 June 2022 16:40
A 3D-printed Facebook logo is seen in front of displayed stock graph in this illustration photo March 20, 2018. Picture taken March 20. REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook adalah salah satu aplikasi media sosial yang populer hingga saat ini. Aplikasi besutan Mark Zuckerberg ini bahkan sudah eksis sejak 2004. Namun, tak jarang muncul kasus akun Facebook yang dihack. Jangan panik, begini cara mengembalikan akun Facebook yang dihack.

Meski jarang dilirik oleh generasi muda saat ini, Facebook masih menjadi salah satu aplikasi media sosial populer di dunia. Tak hanya untuk update status, Facebook juga bisa memperluas koneksi Anda dengan bergabung ke berbagai grup. Bahkan, transaksi jual beli juga terjadi di aplikasi ini.

Di lain sisi, kemudahan teknologi dan kehadiran Facebook tak luput dari orang-orang yang tak bertanggung jawab. Banyak peretas alias hacker yang meretas akun Facebook demi meraup keuntungan pribadi.


Sejarah Singkat Facebook

Mark Zuckerberg adalah sosok paling dikenal di balik nama besar Facebook. Faktanya, dia tak sendirian dan dibantu oleh teman sekamarnya di asrama kampus Harvard tempatnya berkuliah, yakni Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.

Facebook pertama kali diluncurkan pada 4 Februari 2004. Sebagai programmer, Zuckerberg konon hanya butuh dua minggu untuk menciptakan Facebook dengan nama awal "Thefacebook" dan alamat situs di thefacebook.com.

Situs Thefacebook mulanya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Universitas Harvard. Dalam bulan pertama, lebih dari setengah populasi mahasiswa di Harvard sudah terdaftar di situs Thefacebook. Layanan Thefacebook akhirnya merambah ke Universitas lainnya di AS pada Maret 2004.

FILE PHOTO: A picture illustration shows a Facebook logo reflected in a person's eye, in Zenica, March 13, 2015.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File PhotoFoto: Facebook (REUTERS/Dado Ruvic)

Selanjutnya pada 1 Oktober 2005, layanan Thefacebook terbuka untuk mahasiswa di universitas lain di berbagai penjuru dunia. Thefacebook juga memperluas layanannya untuk karyawan di beberapa perusahaan, termasuk Apple dan Microsoft. Pada tahun ini, Zuckerberg juga membuang kata "the" pada "Thefacebook" dan berubah nama menjadi "Facebook" dengan domain facebook.com yang dibeli senilai US$200.000.

Layanan Facebook terbuka untuk seluruh orang yang berusia 13 tahun ke atas dengan e-mail yang valid pada September 2006. Jejaring sosial ini pun mulai mendunia hingga mengakuisisi WhatsApp pada 2012 dan Instagram pada 2014. Sejak 2021, Facebook Inc resmi berganti nama menjadi Meta Platforms Inc.

Penyebab Akun Facebook Dihack

Setelah Anda tahu sejarah singkat Facebook, kini saatnya mengetahui bagaimana bisa akun Facebook dihack. Ada beberapa cara yang dilakukan oleh hacker untuk meretas akun Facebook seseorang, berikut penjelasannya:

1. Phising

Metode yang paling sering digunakan untuk hack Facebook adalah teknik phising. Anda mungkin kerap mendapatkan link asing dengan iming-iming mendapatkan hadiah besar dari pihak yang mengaku sebagai perwakilan Facebook atau perusahaan tertentu.

Jika mengklik link tersebut, Anda akan diminta mengisi data penting akun Facebook berupa email dan kata sandi. Nah, dari situlah hacker bisa masuk dan meretas akun Facebook Anda.

2. Software Keylogger

Selanjutnya, hacker bisa memasang software keylogger pada laptop atau PC milik korban. Software ini nanti akan merekam semua yang diketik korban dan akan dikirimkan kepada pelaku kejahatan. Pemasangan software keylogger juga bisa terjadi di komputer umum, seperti di warnet.

3. Melalui Ponsel

Banyak pengguna yang mengakses Facebook lewat ponsel. Hal ini dimanfaatkan hacker yang akan menyusupkan spyware ke ponsel agar bisa mengambil alih akses ponsel korban. Jika berhasil, akun Facebook bisa dihack.

Tanda-tanda Akun Facebook Dihack

Setelah mengetahui penyebab akun Facebook dihack, Anda harus paham tanda-tanda akun Facebook yang dihack. Ini penting untuk cepat mengambil tindakan demi menyelamatkan akun Facebook dari tangan yang tidak bertanggung jawab. Ini tanda-tanda akun Facebook dihack:

1. Email atau Kata Sandi Berubah

Pertama, jika akun Facebook Anda dihack akan muncul notifikasi email atau kata sandi yang telah berubah. Jika Anda tidak merasa melakukannya, ini bisa jadi ulah hacker. Ini dilakukan agar Anda tak bisa mengakses kembali akun Facebook tersebut.

2. Nama atau Informasi Facebook Anda Berubah

Selanjutnya adalah nama, tanggal lahir, atau informasi Facebook lain milik Anda berubah. Selain mengubah informasi login, hacker biasanya mengubah informasi soal akun Anda. Cara ini bakal membuat Anda kesulitan melacak akun Facebook tersebut.

3. Mengirim Permintaan Pertemanan ke Orang Tidak Dikenal

Facebook memiliki fitur untuk berteman dengan pengguna lain di seluruh dunia. Namun, biasanya Anda akan berteman dengan seseorang yang dikenal di kehidupan nyata. Jika tiba-tiba Anda mengirim permintaan pertemanan ke orang yang tidak dikenal, bisa jadi itu adalah ulah hacker.

4. Mengirim Pesan yang Tidak Anda Tulis

Terkadang hacker tak langsung mengubah informasi login akun Anda. Ada juga yang akan mulai dengan mengirim pesan-pesan aneh ke pengguna lain padahal Anda tidak merasa melakukannya.

5. Ada Postingan yang Tidak Anda Buat

Tanda-tanda terakhir Facebook dihack adalah ada postingan yang sebenarnya tidak Anda buat. Hacker kerap usil membuat unggahan aneh saat meretas Facebook orang lain, mulai dari status tak jelas hingga foto tak senonoh.

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack

Jika muncul tanda-tanda mencurigakan pada akun Facebook Anda, segera lakukan tindakan keamanan agar akun tak diretas oleh hacker. Namun jika sudah terlanjur dihack, Anda jangan panik. Ini dia cara mengembalikan akun Facebook yang dihack:

1. Cek Email

Jika tidak bisa login ke akun Facebook karena dihack, segera periksa email Anda. Facebook akan mengirimkan email jika terdapat aktivitas yang mencurigakan di akun Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengklik bagian 'Lupa kata sandi' jika tidak bisa masuk dengan email dan kata sandi yang biasa digunakan.

2. Ganti Kata Sandi

Segera ganti kata sandi jika akun Facebook Anda dihack. Langkah ini wajib Anda lakukan agar akun tak bisa lagi dibobol hacker. Pastikan Anda menggunakan kata sandi yang aman dan sulit dibobol. Menurut Facebook ada beberapa kriteria dalam membuat kata sandi, yakni:

  • Kata sandi harus mudah diingat, tapi sulit ditebak orang lain.
  • Kata sandi Facebook harus berbeda dari kata sandi yang digunakan untuk login ke akun lain, seperti email atau akun bank.
  • Kata sandi yang lebih panjang umumnya lebih aman.
  • Kata sandi tidak boleh memiliki nama email, nomor telepon, atau tanggal lahir.
  • Gunakan perpaduan huruf besar dan kecil.

3. Pulihkan Akun Facebook

Anda mungkin menemukan kasus tidak bisa login Facebook meski kata sandi telah diubah. Jika itu terjadi, Anda bisa memulihkan akun Facebook dengan mengunjungi facebook.com/login/identify.

Cari akun Anda berdasarkan nama, email, ataupun nomor telepon yang terdaftar. Setelah itu, ikuti setiap langkah-langkah yang diberikan Facebook sampai akun Anda bisa diakses kembali.

4. Minta Bantuan Keluarga atau Teman

Jangan panik ketika akun Facebook Anda dihack. Anda dapat mengembalikannya dengan bantuan keluarga atau teman yang berteman di Facebook.

Nantinya, Anda akan meminta keluarga atau teman untuk membuka akun Facebook Anda. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Cari akun Anda berdasarkan nama, email, ataupun nomor telepon yang terdaftar
  • Klik ikon tiga titik vertikal di bawah profil dan pilih opsi "Cari dukungan atau laporkan profil"
  • Pilih opsi "Saya tidak dapat mengakses akun saya" dan klik "Selanjutnya"
  • Setelah itu, klik opsi "Recover this account" dan pilih "Akun ini tidak lagi dapat di akses"
  • Masukkan email dan password yang telah Anda ubah lalu klik "Selanjutnya"
  • Facebook akan meminta Anda melakukan hal-hal yang diperlukan untuk verifikasi dengan bantuan keluarga atau teman Facebook Anda.

5. Laporkan Akun

Jika empat cara di atas sudah dicoba dan tak berhasil, terakhir Anda bisa melaporkan akun Facebook yang dihack. Anda dapat melaporkannya dengan mengklik link facebook.com/hacked. Selanjutnya, pilih opsi "Akun saya dibobol" dan ikuti langkah-langkah yang diminta oleh Facebook.

Nah, itulah cara mengembalikan akun Facebook yang dihack. Jangan panik saat Facebook dihack dan coba lakukan cara-cara di atas untuk mengembalikan akun Anda. Setelah akun Facebook kembali, perkuat keamanan akun Anda dan jangan berikan data-data penting tersebut kepada pihak lain yang mencurigakan. Semoga bermanfaat!


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Proyek Metaverse Bikin Induk Facebook Rugi Rp43 Triliun


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading