Kabar Terbaru Kasus Hepatitis Akut Misterius di RI

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
24 June 2022 16:45
Direktur Utama RS Sulianti Saroso, Muhammad Syahril (Youtube Kementerian Kesehatan) Foto: Direktur Utama RS Sulianti Saroso, Muhammad Syahril (Youtube Kementerian Kesehatan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perkembangan penyakit hepatitis akut misterius di Indonesia hingga hari ini terus bertambah yang tercatat sebanyak 70 kasus dugaan yang tersebar di 21 provinsi.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril, saat konferensi pers virtual, Jumat, (24/6/2022).

Dalam paparannya, Syahril mengatakan, dari 70 kasus kumulatif, sebanyak 40 pasien yang discarded atau dikeluarkan dari dugaan kasus tersebut.

"Perkembangan kasus di Indonesia ada 70 kasus dugaan ini ada 16 probable dan 14 pending dan 40 discarded disingkirkan karena penyebabnya sudah diketahui dan bukan masuk dalam kelompok hepatitis ini," ujar Syahril.

Dari kasus ditemukan, menurut Syahril mengatakan paling banyak di Jakarta. Dari dugaan kasus yang ada, Kemenkes melihat gejala klinis paling banyak terjadi adalah demam sebanyak 76 persen. Kemudian diikuti mual, muntah dan jaundice atau penyakit kuning.

Gejala ini jelas berbeda dari yang ada di Inggris, di mana jaundice (warna kekuningan pada kulit atau bagian putih mata) menjadi gejala utama, baru kemudian diikuti muntah, lethargy (rasa lelah yang parah) dan diare.

"Pemeriksaan yang dilakukan komite ahli bisa menjadi catatan bagi kita untuk menjadikan acuan sambil menunggu keputusan dari WHO apa penyebab yang disepakati dari hepatitis yang belum diketahui penyebabnya ini." pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kabar Terbaru WHO Soal Kasus Hepatitis 'Misterius' di RI


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading