Tim Cook Buka-bukaan Soal Headset Augmented Reality Apple

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 June 2022 07:45
Bos Apple, Tim Cook dalam Apple Event, Rabu (9/3/2022)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nampaknya Apple segera punya perangkat headset Augmented Reality (AR). Tanda-tanda itu terdengar dari jawaban CEO Tim Cook dalam sebuah wawancara belum lama ini.

Kepada China Daily USA, Tim Cook menyebut dirinya selalu bersemangat mengenai teknologi tersebut. Dia menjelaskan soal faktor kunci AR berhasil di pasar konsumen.

"Saya sangat bersemangat tentang AR seperti yang mungkin Anda ketahui. Dan hal penting untuk teknologi apapun, termasuk AR adalah menempatkan kemanusiaan dalam pusatnya," jelasnya, dikutip dari CNBC Internasional, Jumat (24/6/2022).


Pekerjaan Apple saat ini berfokus pada aplikasi AR di iPhone dan iPad. Namun dia menambahkan perusahaannya masih dalam tahap awal perkembangan teknologi tersebut.

Virtual realityFoto: ilustrasi headset augmented reality atau AR (Ist via CNN)

"Namun saya pikir kami masih di babak awal bagaimana teknologi ini akan berkembang. Saya tidak bisa 'jangan lebuh bersemangat mengenai peluang yang telah kita lihat di sektor ini dan tetap ikuti perkembangannya dan Anda akan melihat apa yang kami tawarkan," kata Tim Cook.

Kabar Apple sedang mengerjakan perangkat tersebut sudah terdengar sejak bulan Mei lalu. Bloomberg melaporkan perusahaan menunjukkan headset AR/VR ke dewan dan berencana mengumumkannya pada akhir tahun lalu meluncurkannya tahun depan.

Pada laporan yang sama, Apple disebut berencana menjual headset buatan sendiri pada tahun 2023.

Jika benar terjadi, maka Apple bersiap meninggal ketertinggalan dari beberapa perusahaan yang menyatakan berfokus pada dunia virtual. Misalnya Facebook yang mengubah namanya menjadi Meta dan menandakan fokusnya bergeser ke Metaverse. Ada juga Microsoft yang sudah memperkenalkan kacamata AR Hololens tahun 2016 lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Facebook Waspada, Apple Mulai Lirik Dunia Virutal Metaverse


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading