AS Rekomendasikan Vaksin Covid Pfizer & Moderna Bagi Balita

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
16 June 2022 20:03
infografis/ Penjelasan Lengkap Kemenkes Soal Vaksin Covid Anak 6-11 Tahun / Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Anak-anak berusia 5 tahun ke bawah di Amerika Serikat sudah bisa diberikan vaksin Covid-19. Sebab Food and Drug Administration (FDA) telah memberikan suara bulat untuk rekomendasi tersebut.

Dua vaksin yang digunakan untuk kelompok usia tersebut adalah Pfizer/BioNTech dan Moderna, di mana keduanya mRNA. Dalam pemungutan suara itu hasilnya 21-0 untuk kedua perusahaan, dan menjadi langkah pertama untuk menjadi jalur cepat otorisasi sebelum FDA memberikan keputusan resmi.

Anak-anak disebutkan tidak terdampak Covid-19 pada tingkat yang sama dengan mereka yang berusia tua. Namun Dr. Peter Marks dari FDA mencatat tingkat rawat inap kelompok tersebut masih mengkhawatirkan.


"Angka rawat inap itu sebenarnya cukup meresahkan. Jika dibandingkan dengan yang terjadi pada musim influenza yang mengerikan, itu lebih buruk," kata Marks, dikutip dari Yahoo, Kamis (16/6/2022).

Pfizer dan Moderna melakukan uji coba saat omircon menyerang. Data menunjukkan sulit untuk menargetkan virus dan jenis terbarunya.

Penurunan perlindungan terjadi pada kelompok anak-anak sama seperti orang dewasa. Namun kedua vaksin masih melindungi seseorang dari penyakit parah, rawat inap, dan kematian.

Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) di Lobby Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu, 6 April 2022. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Foto: Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) di Lobby Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu, 6 April 2022. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Dalam data yang disajikan hari Rabu, efek samping paling umum untuk vaksin Moderna adalah demam. Sementara penerima Pfizer kemungkinan mengalami kelelahan.

Namun belum diketahui dengan pasti jenis perlindungan yang diberikan ibu hamil dan sudah divaksinasi, dibandingkan dengan anak yang menerima setelah dilahirkan. Pejabat Moderna mengatakan akan dipelajari dalam studi baru mengenai bayi baru lahir hingga 6 bulan.

Pihak Moderna juga menjelaskan kapan pemberian vaksin Covid-19 dan vaksin masa kanak-kanak lainnya. Jaraknya adalah dua minggu antara vaksin flu dan Covid-19, serta satu bulan antara pemberian vaksin Covid-19 dan vaksin lainnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Anak di Amerika Bisa Vaksin Booster, di Indonesia Bagaimana?


(npb/npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading