Kapan Ada Vaksin Covid-19 Keempat? Ini Kata Kemenkes

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
16 June 2022 16:10
Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) di Lobby Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu, 6 April 2022. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir, muncul usulan untuk memberikan vaksin dosis keempat pada masyarakat Indonesia. Kapan kira-kira itu terjadi?

Sebagai informasi, vaksin Covid-19 dosis ketiga sudah mulai diberikan kepada masyarakat Indonesia mulai awal tahun ini. Namun enam bulan kemudian, muncul usulan pemberian dosis keempat.

Usulan itu berasal dari para epidemiologi. Di mana juga mengatakan dosis ketiga akan masuk dalam kriteria vaksinasi lengkap bersama dengan dua dosis pertama.


Jika usulan ini menjadi dijalankan, maka membuat dosis keempat akan disebut sebagai dosis booster vaksin Covid-19.

Sejauh ini ide tersebut masih dalam usulan dan belum ada waktu pasti pemberiannya. Usulan tersebut masih dalam pertimbangan pemerintah. 

Hal ini dikonfirmasi oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril. Dia  mengatakan masih ada diskusi panjang terkait ide pemberian vaksin booster tambahan untuk masyarakat.

Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) di Lobby Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu, 6 April 2022. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Foto: Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) di Lobby Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu, 6 April 2022. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

"Nah tentu saja kalau ini disetujui, maka, booster ini adalah yang keempat," ujarnya saat konferensi pers Update Perkembangan Covid-19 di Indonesia, beberapa waktu lalu.

"Jadi kalau vaksin 1,2,3 masuk dalam satu paket vaksinasi lengkap, maka vaksinasi keempat sebagai boosternya".

Masyarakat diminta menunggu perkembangannya setelah satu bulan mengikuti keputusan Menteri Dalam Negeri menjalankan PPKM level satu di sebagian provinsi serta kota/kabupaten.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Vaksin Booster Astrazeneca vs Pfizer, Mana yang Lebih Tokcer?


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading