Pendiri Gojek Kevin Aluwi Kantongi Triliunan dari Saham GoTo

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
07 June 2022 08:40
Direktur & Co-founder PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Kevin Aluwi Saat Konferensi Pers Pencatatan Perdana Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. (Tangkapan Layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - GoTo adalah hasil merger dari perusahaan teknologi dengan valuasi paling tinggi di Indonesia, Gojek dengan Tokopedia. Kevin Aluwi, salah satu pendiri Gojek yang baru diumumkan bakal pindah tugas menjadi komisaris GoTo, mengantongi saham GOTO bernilai triliunan.

Gojek didirikan oleh Kevin Bryan Aluwi bersama dengan Nadiem Makarim, yang sekarang menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Kevin Aluwi (detikFoto/Ari Saputra)Foto: Kevin Aluwi (detikFoto/Ari Saputra)
Kevin Aluwi (detikFoto/Ari Saputra)

GoTo mengumumkan bahwa Kevin, yang saat ini menempati posisi CEO Gojek, akan memperkuat jajaran dewan komisaris GoTo. Keputusan ini akan dimintakan persetujuan dalam salah satu agenda Rapat Umum Pemegang Saham (RUPST) yang akan diselenggarakan pada 28 Juni mendatang dan agenda ini diumumkan melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).


Dalam perannya sebagai Dewan Komisaris GoTo nanti, Kevin akan fokus dalam mendukung pengembangan kendaraan listrik di Gojek sebagai bagian dari komitmen perusahaan menuju 'nol emisi' pada 2030.

Dia juga akan menjadi bagian dari anggota Dewan Komisaris Electrum, perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama yang fokus pada pembangunan ekosistem kendaraan listrik roda dua yang terintegrasi dan holistik di Indonesia.

Sebagai pendiri Gojek, Kevin juga merupakan salah satu pemilik saham terbesar di GoTo, yaitu mengantongi 0,92% saham termasuk saham seri B, saham dengan porsi hak suara lebih besar.

CNBC Indonesia mencoba untuk menghitung nilai saham para pendiri GOTO, berdasarkan hitungan manual. Hitungan manual tersebut berdasarkan jumlah total lembar saham yang dimiliki dikali dengan harga saham pada penutupan sebelumnya.

Diketahui saham GOTO pada penutupan Jumat (3/6) berakhir di level Rp 354. Kevin Bryan Aluwi memiliki total 9.063.12.967 lembar saham GOTO, dengan harga saham Rp 354 artinya saham Kevin di GOTO bernilai Rp 3.208.306.590.318 atau sekitar Rp 3,2 triliun.

Kemudian, pendiri Tokopedia William Tanuwijaya memiliki total 20.981.678.973 lembar saham GOTO. Jika dikalikan harga saham Rp 354 harta yang dimiliki William berbentuk saham GOTO adalah Rp 7.427.514.356.442 atau lebih dari Rp 7,4 triliun.

Kemudian, ada CEO GOTO Andre Soelistyo. Meskipun bukan pendiri Gojek, Andre telah lama terlibat sebagai salah satu investor pertama. Andre memiliki total 9.981.555.284 lembar saham GOTO. Artinya, dengan patokan harga saham Rp 354, saham Andre bernilai Rp 3.533.470.570.536 atau lebih dari Rp 3,5 triliun.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

GoTo Financial Beri Kiat Manfaatkan Data Science Untuk Bisnis


(dem/dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading