Internet Starlink Besutan Elon Musk Berpeluang Masuk RI?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 May 2022 16:55
A Falcon 9 SpaceX rocket with a payload of approximately 60 satellites for SpaceX's Starlink broadband network lifts off from Space Launch Complex 40 at the Cape Canaveral Air Force Station in Cape Canaveral, Fla., Wednesday, Jan. 29, 2020. (AP Photo/John Raoux)

Jakarta, CNBC Indonesia - Starlink SpaceX sudah mengantongi izin dari otoritas Fillipina untuk bisa digunakan di negara itu. Bagaimana dengan Indonesia?

Sebagai informasi, Starlink merupakan layanan internet yang tersambung langsung ke satelit. Seluruh satelit tersebut beredar di orbit rendah.

Dalam peta yang digambarkan wilayah layanannya, SpaceX menyebut Indonesia dan juga wilayah lain Jepang serta India baru akan dilayani pada tahun 2023 mendatang.


Layanan itu sudah tersedia di hampir semua wilayah bagian barat Eropa. Di Amerika Utara tersedia di Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko.

Soal penggunaan  Starlink di Indonesia, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail hanya mengatakan pihak pemerintah sedang melakukan tahapan pembahasan. 

"Masih dalam tahap pembahasan," kata Ismail, kepada CNBC Indonesia, Selasa (31/5/2022). 

Sementara itu SVP Corporate Communications dari Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), Steve Saerang menjelaskan sebagai penyedia layanan menunggu regulasi dari pemerintah. Pihaknya hingga kini berfokus pada customer experience yang mendukung transformasi digital semakin baik.

"Semakin banyak player yang ada, dari sisi penyedia layanan, yang bisa memberikan itu akan menambah kompetisi dan membuat makin inovatif," jelasnya, di kantor IOH, Jakarta. "Ditanya khusus Starlink, kami kembalikan kepada regulator, Indonesia masih under regulasi. Negara hukum, pemain, frekuensi diatur pemerintah".


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

40 Satelit Starlink SpaceX Jatuh, Dihantam Badai Matahari?


(npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading