Tesla Resmi Buka Kantor di Thailand, Indonesia Kapan?

Tech - Tim, CNBC Indonesia
29 May 2022 19:40
Tesla (REUTERS/Lucas Jackson)

Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen mobil listrik terbesar di dunia, Tesla, telah mendaftarkan kantornya di Thailand dengan modal 3 juta baht atau sekitar USD 87.700. Anggota dewan perusahaan Tesla, termasuk tiga direktur Tesla, yakni David Jon Feinstein, Vaibhav Taneja, dan Yaron Klein.

Diketahui Tesla (Thailand) Ltd. akan menjual kendaraan listrik (EV), seperti mobil penumpang, truk pick-up, dan banyak lagi. Tidak diketahui apakah Tesla juga akan membangun pabrik di negara yang dijuluki Gajah Putih itu.

Dilansir dari thaienquirer.com, Minggu (29/5/2022), masuknya Tesla selaras dengan kebijakan pemerintah yang mendorong penggunaan EV untuk mendukung transisi ke netralitas karbon.


Pada Maret, pemerintah Thailand menyetujui 3 miliar baht dari anggaran fiskal tahun 2022 untuk mendanai insentif pada EV, termasuk subsidi harga eceran EV dan pembebasan cukai.

Pemerintah Thailand juga telah mengembangkan rencana 10 tahun untuk industri otomotif agar beralih dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke EV. Di mana EV akan menyumbang setengah dari total produksi mobil pada 2023.

Menurut The Electric Vehicle Association of Thailand (EVAT), Thailand sudah mendaftarkan 5.781 EV baru untuk digunakan pada 2021 lalu, termasuk 3.673 sepeda motor listrik.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Space X di Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022. Presiden tiba di Space X sekitar pukul 10.30 waktu setempat disambut langsung oleh Elon Musk selaku founder Space X.(Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Space X di Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022. Presiden tiba di Space X sekitar pukul 10.30 waktu setempat disambut langsung oleh Elon Musk selaku founder Space X.(Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pemerintah Indonesia sendiri berharap Tesla berinvestasi di tanah air. Bahkan Menteri Koodinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Presiden Joko Widodo sudah menyambangi Elon Musk di Amerika Serikat (AS) pada Mei lalu.

Jokowi menjelaskan pertemuan ini adalah tindak lanjut perintahnya pada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk berbicara dengan Musk.
"
Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," jelasnya dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (15/5/2022).

Elon Musk sendiri melalui perusahaan yang dimilikinya, Tesla dan SpaceX, akan mencoba melakukan sejumlah kerja sama dengan Indonesia.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan Space X akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," kata Elon Musk.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengundang Elon Musk untuk datang ke Indonesia. Dia menyanggupi undangan itu dan merencanakan November akan datang ke tanah air.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sederet Ambisi Elon Musk: Dari Tesla, Mars, Kini Twitter


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading