Diguncang Bubble Burst, Ini Daftar Startup yang Lakukan PHK

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 May 2022 13:00
foto : Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - Startup disebut sedang dalam fase bubble burst. Ini membuat ada banyak perusahaan rintisan yang memutuskan PHK atau pemutusan hubungan kerja karyawannya secara besar-besaran.

Badai PHK terjadi di startup beberapa negara termasuk di Indonesia. PHK tersebut terjadi karena adanya pergeseran di pasar sejak terjadi sejak beberapa bulan lalu.

Berikut daftar startup yang melakukan PHK:



Robinhood

Aplikasi investasi ini memangkas 300 karyawan di akhir April lalu. CEO Vlad Tenev menuliskan untuk meningkatkan beberapa hal, perusahaanya harus melakukan perubahan. Pertumbuhan karyawan perusahaan juga cukup signifikan. Yakni dari 2019 hanya 700 orang menjadi hampir 3.800 karyawan pada 2021 lalu.

Cameo

PHK yang dilakukan Cameo berselang setahun setelah perusahaan menyandang status unikorn. Jumlah pekerja yang di-PHK adalah 87 karyawan. Kebijakan ini berdampak pada semua organisasi, termasuk beberapa anggota C-suite.

Thrasio

Thrasio melakukan PHK pada 20% pegawainya. Perusahaan brand agregator ini juga mengumumkan penggantian CEO.

Netflix

Netflix menghentikan staf editorial perusahaan media miliknya Tudum hanya berselang 5 bulan setelah diluncurkan. Tech Crunch melaporkan 25 orang terdampak dari PHK ini. Namun perusahaan memastikan tidak punya rencana menutup Tudum.

Zenius
Di tanah air ada Zenius yang memangkasĀ 200 karyawannya. Perusahaan mengatakan langkah itu diambil karena dampak kondisi makro ekonomi terburuk yang terjadi dalam beberapa dekade.

Link Aja

Link Aja melakukan re-organisasi sumber daya manusia (SDM) karena dampak pada perubahan fokus dan tujuan bisnis. Dalam responnya kepada CNBC Indonesia, pihak perusahaan mengatakan jumlah pegawai yang terdampak re-organisasi jauh lebih sedikit dari kabar yang beredar.

JD.ID
Kabar PHK juga menghinggapi JD.ID. Director General Management JD.ID, Jenie Simon mengatakan sedang mengambil keputusan seperti tindakan restrukturisasi di dalamnya juga ada pengurangan jumlah karyawan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Enggak Cuma RI, 'Tsunami' PHK Juga Hantam Startup di India


(npb/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading