McEasy Beri 3 Solusi Layanan Digitalisasi Logistik di RI

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
25 May 2022 16:20
3 Solusi McEasy Dorong Perbaikan Layanan Digitalisasi Logistik  (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sistem logistik di Indonesia masih dihadapkan berbagai persoalan. Co-Founder McEasy Raymond Sutjiono ada tiga hal yang perlu dibenahi dalam sistem logistik, seperti transparansi data kendaraan, digitalisasi sistem, dan integrasi moda transportasi.

"Transparansi pengiriman barang masih kurang jelas. Jadi itu tidak real time. Kita melihat kendaraan di Indonesia ada banyak. Kita harus bisa memberikan real time data (pengiriman)," jelas dia kepada CNBC Indonesia, Selasa (24/5/2022).

Adapun dalam tantangan dalam integrasi moda transportasi, kata dia, karena Indonesia merupakan negara kepulauan. Di mana transportasi multimoda belum terkoneksi antara satu dengan yang lainnya.


Adapun adanya tantangan-tantangan tersebut tengah dijawab oleh McEasy yang merupakan startup manajemen dan pelacak logistik pintar. Menurut Raymond, tantangan tersebut menjadi peluang untuk menyediakan solusi bagi pasar di Indonesia.

"Kita ingin membantu bagaimana multimode sukses dari Indonesia ini di segmen, terutama transportasi dan supply chain itu harus bisa ke arah digitalisasi, terutama integrasi sistem itu," papar dia.

Dia memaparkan, McEasy memiliki smart driver app. Melalui fitur ini, pelaku bisnis yang memanfaatkan McEasy dapat terhubung dengan sopir pengiriman untuk berkomunikasi langsung mengenai biaya dan sebagainya.

Kemudian transportasi management yang memudahkan pelaku bisnis melakukan monitoring dalam proses pengiriman barang.

"Sehingga mereka bisa tahu bagaimana ke mana kendaraan mereka berada, di pulau-pulau lain maupun di kota-kota lain. Sehingga mereka bisa dengan mudah mengetahui kendala-kendala yang terjadi pada saat itu juga," jelas dia.

Terakhir adalah konektivitas untuk mengintegrasikan multimoda transportasi satu dan yang lainnya. Raymond menjelaskan bahwa hal ini diperlukan mengingat kondisi geografis di Indonesia yang berupa kepulauan.

"Kita ingin membantu bagaimana multimoda antara dari moda transportasi satu yang lain bisa connect. Itu yang kita lihat banyak sekali peluang untuk kita bisa menjadi solusi buat market di Indonesia," kata Raymond.

Lebih lanjut, Raymond menyebutkan McEasy memfokuskan untuk menyasar perusahaan baik skala besar maupun kecil. Adapun saat ini McEasy telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan dan UMKM.

"Klien kami sebagian besar di bisnis, tentunya tidak terbatas untuk UMKM. Jadi kita masuk smal dan medium, itu market yang paling besar yang kita fokuskan," tegas dia.

Menurut dia, langkah tersebut merupakan cara mendorong ekonomi nasional dari sisi supply chain dan logistik untuk kemajuan bisnis. Sehingga bisnis di Indonesia memiliki daya saing dibandingkan dengan negara lain.

 


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading