Raja HP di RI Berganti Lagi, Bukan Vivo, Samsung, dan Xiaomi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 May 2022 07:25
Warga membeli kartu perdana di ITC ROXY MAS, Jakarta, Selasa (2/2/2021). Aturan pajak penyelenggara jasa telekomunikasi mulai di berlakukan namun aturan itu tidak terdampak pada pembelian pulsa, kartu perdana atau token listrik. (CNBC Indonesia/Tri Susilo) 
Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, ketentuan pajak pulsa yang mulai berlaku (1/2/2021) bertujuan menyederhanakan pengenaan PPN dan PPH atas pulsa atau kartu perdana, token listrik dan voucer serta untuk memberikan kepstian hukum.   (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Counterpoint dalam laporan terbarunya menyatakan Oppo berhasil merajai pasar smartphone Indonesia pada Q1 tahun 2022. Perusahaan itu mengungguli raksasa teknologi lain seperti Vivo, Samsung dan Xiaomi dengan pangsa pasar 22,3%.

Laporan itu menyebutkan Oppo merajai pasar namun perbedaan dengan Vivo dan Samsung makin menyempit. Oppo juga dikatakan berhasil mengamankan posisi dalam segmen menengah ke bawah.

"Oppo meluncurkan seri Reno baru dan seri A populer, berhasil mengamankan posisinya di segmen menengah ke bawah. Oppo berkomitmen untuk menyediakan smartphone 5G dengan harga yang lebih terjangkau pada 2022," kata Counterpoint dalam laman resminya, dikutip Rabu (25/5/2022).


Di belakang Oppo ada Vivo yang meraih pangsa pasar 20,6%. Menurut laporan Counterpoint, popularitas seri Y dan V berlanjut pada segmen kelas bawah dan menengah.

Vivo juga terlihat berupaya menyediakan smartphone 5G dengan harga terjangkau. Buktinya melalui produk Y75 dan V23 5G yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

Samsung berada di urutan ketiga dengan 18% pangsa pasar. Seri A dan M berhasil bekerja dengan baik dan S22 Ultra juga jadi pilihan utama untuk segmen premium.

Berikutnya ada Xiaomi dengan pangsa pasar sebesar 14,3%, yang mengalami penurunan cukup banyak dari Q1-2021 yakni 19,8%. Realme berada di urutan kelima dengan 11%.

Counterpoint mengatakan Realme dapat memperkuat posisinya pada mereka dengan harga terjangkau melalui C31 dan Narzo. "Seri flagship terbarunya 9 Pro untuk segmen premium yang terjangkau juga mendapat sambutan hangat dari konsumen," ungkap Counterpoint.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Xiaomi, Oppo & Vivo Berebut Jadi Raja HP di RI, Jawaranya?


(npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading