Update Wamenkes: Ada 14 Kasus Hepatitis Akut di Indonesia

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
23 May 2022 14:37
Ini gejala dan cara penanganan Hepatitis Akut

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengungkapkan ada 14 kasus hepatitis akut yang ditemukan di tanah air hingga 20 Mei 2022. Hal itu diungkapkan Dante dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (23/5/2022).

"Hingga saat ini ditemukan 14 kasus di Indonesia. Tapi yang meninggal akan kami sampaikan ada empat orang, yang sisanya masih dalam perawatan," ujarnya.

Menurut Dante, penyebab hepatitis akut belum diketahui sebagaimana penjelasan WHO per 23 April lalu. Namun, ciri-ciri yang ditemukan pada penderita adalah kulit berwarna kuning.

Lebih lanjut, Dante mengatakan, tiga kasus pertama di Indonesia ditemukan pada 27 April 2022. Ketiganya adalah anak-anak usia di bawah 16 tahun.

"Yang kita sesalkan ketiga kasus tersebut karena kita belum punya pengalaman dalam kasus ini pada awalnya, sehingga awalnya tiga kasus tersebut meninggal dunia. Karena perjalanannya begitu cepat, warna kuning, gagal hati, dan kemampuan kita untuk melakukan transplantasi hati masih terbatas sehingga anak tersebut meninggal dunia," kata Dante.

Secara global, menurut dia, ada 614 kasus di 31 negara di dunia. Kasus pertama ditemukan di Inggris pada 6 April lalu.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hepatitis Misterius Akibat Vaksin Covid? Ini Kata Epidemiolog


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading