Bill Gates Ungkap Cara Lawan Ancaman Lebih Ngeri dari Covid

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 May 2022 11:55
Bill Gates discusses his book

Jakarta, CNBC Indonesia - Perubahan iklim atau climate change dianggap beberapa pakar sebagai ancaman lebih ngeri dari Covid-19 karena dampaknya yang luar biasa bagi umat manusia. Namun ada cara untuk melawannya, ungkap pendiri Microsoft Bill Gates.

Pertama adalah membeli produk ramah iklim. Produk-produk itu diketahui lebih mahal, namun jika ada banyak orang yang membeli dan mendorong permintaan maka bisa ada penekanan harga.

"Saat produk ramah lingkungan keluar seperti mobil listrik atau daging sintetis atau pompa panas untuk pemanas/pendingin rumah, harganya akan sedikit lebih mahal. Dengan membeli produk-produk ini Anda mendorong peningkatan yang akan mengarah pada harga lebih rendah jadi 'premi ramah lingkungan' berkurang," kata dia di Reddit, dikutip dari CNBC Internasional, Senin (23/5/2022).


Dalam berbagai kesempatan, pendiri Microsoft itu mengungkapkan soal green premium. Ini adalah perbedaan harga antara produk konvesional dan alternatif ramah iklim.

Pemerintah bisa membantu menguranginya dengan menerapkan kebijakan yang mengurangi harga produk tersebut. Selain itu juga membuat varietas konvensional lebih mahal, ungkap Bill Gates dalam unggahan blognya tahun 2020.

Perusahaan serta investor juga bisa membantu mengurangi green premium dengan membelanjakan alternatif ramah iklim, investasi dalam inovasi dan advokasi pemerintah.

Saran lainnya adalah memilih pejabat yang memprioritaskan kebijakan iklim. Ini pernah diungkapkan Bill Gates dalam salah satu bukunya.

"Terlibat dalam proses politik adalah satu langkah paling penting yang bisa diambil oleh orang-orang dari setiap lapisan masyarakat untuk membantu menghindari bencana iklim," jelasnya.

Dia juga mengatakan masyarakat bisa menggunakan suaranya dan melakukan perubahan. Mulai dari menelepon, menulis surat atau hadir di balai kota.

"Apa yang bisa Anda bantu untuk dipahami oleh para pemimpin Anda adalah bahwa sama pentingnya bagi mereka untuk memikirkan masalah jangka panjang dari perubahan iklim seperti halnya bagi mereka untuk memikirkan pekerjaan atau pendidikan atau perawatan kesehatan," kata Bill Gates.

Bill Gates juga mempertimbangkan soal perubahan tingkat industri dan infrastruktur yang perlu dilakukan dalam mengatasi perubahan iklim. Selain itu dia menunjukkan dukungannya pada energi nuklir, termasuk fisi yang telah teruji waktu.

"Jika itu bisa menyelesaikan masalah biaya, keselamatan dan limbah," ungkap Bill Gates.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gawat! Gunung Es Terbesar di Dunia Hampir Seluruhnya Mencair


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading