Bill Gates Bicara Nasib Pandemi Covid, Kabar Baik atau Buruk?

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
03 May 2022 14:00
Bill Gates

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft Bill Gates memperingatkan adanya kemungkinan terburuk di masa mendatang setelah lebih dari dua tahun berlangsungnya pandemi Covid-19. Menurutnya, saat ini belum terlihat risiko terburuk dari pandemi Covid-19.

"Kita masih berisiko, pandemi ini menghasilkan varian yang akan lebih menular dan bahkan lebih fatal," kata Bill Gates yang juga advokat kesehatan masyarakat dikutip CNBC, Selasa (3/5/2022).

Diketahui kasus Covid-19 terbaru, yang didukung subvarian BA.2 dari strain omicron Covid, saat ini berkembang di Amerika Serikat (AS). Menurut data Universitas Johns Hopkins, rata-rata tujuh hari kasus baru Covid-19 AS setiap hari naik hingga 54.429 per Minggu. Angka itu meningkat 9% dari minggu sebelumnya dengan kasus tumbuh di 39 negara bagian selama jangka waktu tersebut.


Lebih lanjut, kata dia, pencegahan dan tindakan perlindungan dapat membantu dunia menangani pandemi di masa depan dengan lebih baik.

Dia menyarankan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meluncurkan tim pengawasan global, yang terdiri dari para ahli. Nantinya mereka dapat dengan cepat menemukan ancaman kesehatan baru di seluruh dunia dan segera berkoordinasi dengan pemerintah global untuk mencegah penyakit berkembang menjadi pandemi. Gates mengusulkan gugus tugas tersebut sebagai inisiatif "Respons Epidemi dan Mobilisasi Global" (GERM).

Adapun kata dia, usulan itu akan membutuhkan investasi keuangan yang signifikan dari WHO dan negara-negara anggotanya untuk menciptakan tim ahli global, termasuk ahli epidemiologi dan ahli virologi, dan memberi mereka alat yang mereka butuhkan untuk secara proaktif mengidentifikasi dan mengatasi wabah di masa depan.

Usulan tersebut sebelumnya pernah dilontarkan Gates dalam konferensi TED 2022 pada April lalu. Di mana dia mencatat WHO perlu menghabiskan lebih dari USD 1 miliar per tahun untuk tim respons global semacam itu. Sementara itu, Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan bahwa pandemi Covid-19 akan merugikan ekonomi global lebih dari USD 12,5 triliun pada 2024.

"Tampaknya liar bagi saya bahwa kita bisa gagal untuk melihat tragedi ini dan tidak, atas nama warga dunia, melakukan investasi ini," kata Gates.

Miliarder ini juga menyatakan optimisme bahwa virus corona akan lebih mudah dikelola pada 2022, di mana kebanyakan orang Amerika Serikat telah memperlakukan Covid seperti penyakit musiman.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Simak Ramalan Bill Gates Soal Pandemi Covid-19 di 2022


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading