Jangan Baper, Sejarah Kripto Dulu Awalnya Sulit Berkembang

Tech - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
22 May 2022 19:15
A bitcoin logo is seen at a facility of the Youth and Sports Ministry in Caracas, Venezuela February 23, 2018. REUTERS/Marco Bello

Jakarta, CNBC Indonesia - Kripto menjadi salah satu instrumen investasi yang mendapat perhatian besar belakangan ini. Banyak investor baru bermunculan, bahkan menurut Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), jumlah investor aset kripto di Indonesia telah mencapai 12,4 juta per Februari 2022

Menarik mundur ke belakang, konsep mata uang kripto baru muncul pada 1980-an, tepatnya ketika seorang ilmuwan komputer dan matematikawan Amerika bernama David Chaum menemukan algoritma khusus yang kemudian menjadi dasar dari enkripsi website modern dan transfer mata uang elektronik saat ini.

David Chaum kemudian mengembangkan penemuannya hingga periode 1990-an dan melahirkan mata uang digital yang bernama DigiCash. Namun sayang, inovasinya ini gagal berkembang.


"Belasan tahu kemudian, seorang insinyur perangkat lunak andal bernama Wei Dai menciptakan b-money. Sayangnya, b-money juga berakhir seperti DigiCash tidak berkembang, tulis Bappebti dari media sosial resminya.

Perkembangan mata uang kripto mencapai titik terang pada 2008. Pada tahun tersebut, Satoshi Nakamoto menerbitkan buku berjudul Bitcoin-A Peer to Peer Electronic Cash System'.

Setahun kemudian, Satoshi merilis perdana mata uang kripto bernama Bitcoin ke publik. Pelepasan Bitcoin tersebut mendapat dukungan dari pelaku kriptografi. Pada 2010, mulailah bermunculan mata uang kripto lainnya..

"Sejak tahun itu, harga mata uang kripto mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hingga kini mata uang kripto yang di Indonesia dikategorikan sebagai komoditi yang disebut dengan aset kripto, perdagangannya diawasi oleh Bappebti mengalami perkembangan yang positif," tulis Kemendag

Harapannya, pertumbuhan transaksi kripto ini dapat memberi manfaat kepada berbagai pihak yang terlibat di dalamnya dan juga memberikan masukan pendapatan negara melalui pajak yang dikenakannya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Makin Inovatif, Kini Ada Payment Gateway Khusus Kripto


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading