Renault Kembangkan Mobil Hibrida, Tempuh 800 Km Sekali Ngecas

Tech - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
22 May 2022 13:30
Renault Kiger (Dave HILL/Publicis Conseil/Renault Marketing 3D-Commerce/Wanda Print)

Jakarta, CNBC Indonesia - Renault telah merilis rincian mobil konsep hibrida listrik-hidrogen. Pabrikan mobil asal Prancis ini menggambarkan teknologi hidrogen sebagai salah satu pilihan untuk membuat kendaraan listrik lebih nyaman.

Menurut sebuah dokumen yang diterbitkan pada hari Kamis yang menguraikan konsep tersebut, baterai Scenic Vision 40 kilowatt jam dapat didaur ulang dan akan diproduksi di pabrik yang berlokasi di Prancis pada tahun 2024.

Dalam sebuah pernyataan, Gilles Vidal, yang merupakan Direktur Desain di Renault, mengatakan konsep tersebut menggambarkan desain eksterior model listrik 100% Scenic baru untuk tahun 2024.


"Perusahaan mengatakan powertrain listrik-hidrogen adalah bagian dari visi jangka panjang, di luar 2030." Katanya dilansir dari CNBC,

Gagasan luas dari teknologi ini adalah bahwa sel bahan bakar hidrogen Scenic Vision akan membantu memperluas jangkauan kendaraan dalam perjalanan yang lebih jauh, targetnya sejauh 800 km dalam sekali pengisian baterai.

"Pada tahun 2030 dan seterusnya, setelah jaringan stasiun hidrogen cukup besar, Anda akan dapat berkendara hingga 800 km [sedikit lebih dari 497 mil] ... tanpa berhenti untuk mengisi baterai," kata Renault.

Hidrogen memiliki beragam aplikasi dan dapat digunakan di berbagai industri. Itu dapat diproduksi dengan beberapa cara. Salah satu metode termasuk menggunakan elektrolisis, dengan arus listrik membelah air menjadi oksigen dan hidrogen.

Jika listrik yang digunakan dalam proses ini berasal dari sumber terbarukan seperti angin atau matahari maka ada yang menyebutnya hidrogen hijau atau terbarukan.

Diperkirakan bahwa hibrida Renault akan menggunakan hidrogen hijau, meskipun sebagian besar generasi hidrogen saat ini didasarkan pada bahan bakar fosil.

Konsep listrik-hidrogen Renault menggambarkan bagaimana perusahaan mobil Prancis ini mencari cara untuk mengembangkan penawaran emisi rendah dan nol yang dapat bersaing dengan jajaran kendaraan bensin dan diesel.

"Beberapa sistem untuk melengkapi motor listrik sedang dieksplorasi hari ini untuk memenuhi persyaratan yang terkait dengan mengemudi jarak jauh," kata Renault.

"Teknologi hidrogen adalah salah satu pilihan untuk membuat kendaraan listrik lebih nyaman."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pesawat Penumpang Listrik Pertama di Dunia Segera Mengudara!


(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading