Gegara Ini, Elon Musk Sampai Dijuluki 'Orang' Terkuat Dunia

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
21 May 2022 21:45
Tesla and SpaceX Chief Executive Officer Elon Musk listens to a question as he speaks at the SATELLITE Conference and Exhibition in Washington, Monday, March 9, 2020. (AP Photo/Susan Walsh)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ceo Tesla dan SpaceX, Elon Musk baru-baru ini menghebohkan jagat dunia maya karena baru saja membeli perusahaan Twitter. Alhasil, dia dinobatkan sebagai orang terkuat di dunia versi CNN Business.

Tesla, menjadi perusahaan mobil yang saat ini sedang naik daun di dunia. Sedangkan SpaceX adalah sebuah perusahaan transportasi antariksa. Elon memiliki visi untuk dapat mengangkut kehidupan manusia ke planet lain melalui SpaceX apabila Bumi tidak lagi ada.

Berikut rangkuman misi Elon Musk pada ketiga perusahaan itu, dikutip Sabtu (21/5/2022).


Twitter

Elon Musk mengakuisisi Twitter senilai Rp 635 triliun. Twitter diketahui merupakan salah satu raksasa jejaring sosial dunia. Twitter sendiri telah berkembang pesat dibandingkan hari-hari awal, termasuk dengan memoderasi konten dan menangguhkan akun yang melecehkan pengguna lain. Namun Elon Musk menilai Twitter telah dikoreksi secara berlebihan.

Dalam konferensi Ted sebelum resmi membeli Twitter, Elon Musk mengatakan enggan menghukum secara permanen. Dia lebih memilih adanya batasan waktu di dalam platform tersebut.

"Jika ragu, biarkan pidato itu ada," kata Elon Musk. "Jika itu wilayah abu-abu, saya akan mengatakan biarkan tweet itu ada. Namun jelas dalam kasus di mana mungkin banyak kontroversi, Anda tidak perlu mempromosikan tweet itu".

Elon Musk hingga sekarang belum buka suara nasib orang-orang yang diblokir oleh Twitter, seperti Donald Trump yang dianggap berperan dalam kerusuhan awal tahun lalu. Donald Trump sendiri mengatakan ogah kembali ke Twitter. Meskipun platform tersebut mencabut larangan dan mengizinkan dia kembali.

SpaceX

SpaceX telah menjadi perusahaan yang jauh lebih besar dan unggul dibandingkan pemain lain di industri ini. Apalagi setelah mengalahkan Blue Origin milik Jeff Bezos untuk mengantongi kontak NASA senilai US$3 miliar sebagai misi membawa astronot ke Bulan.

Perusahaan itu juga diketahui secara teratur membawa kru ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Pada Agustus juga menjadi perusahaan pertama yang meluncurkan turis ke dalam orbit.

Tesla

Perusahaan diambil alih oleh Musk pada 2008 lalu dan menjadi pertanda Elon Musk masuk ke pasar mobil Amerika Serikat (AS). Melalui Tesla, dia mendorong visi masa depan kendaraan yang serba listrik dan self-driving. eskipun teknolog self driving penuh sekarang masih dinilai buruk dan menakutkan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gegara Ini, Elon Musk Sampai Disebut 'Orang' Terkuat di Dunia


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading