Startup Bakar Uang Sudah Enggak Zaman, Winter is Coming

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
17 May 2022 17:20
Roderick Purwana, Managing Partner East Ventures

Jakarta, CNBC Indonesia - Era 'bakar uang' bagi para startup telah usai. Pasalnya, 6-18 bulan mendatang industri startup tidak akan seramah dengan yang ada saat ini.


Hal tersebut disampaikan oleh Roderick Purwana, Managing Partner East Ventures. Ia menyebutnya dengan winter is coming, kalimat yang dipopulerkan oleh serial televisi Game of Thrones.

Menurut Rod, istilah ini merujuk pada harus ada kebiasaan yang sedikit berubah untuk menyambut musim yang baru. Selama satu dekade terakhir secara global, teknologi berkembang dengan sangat pesat begitu juga dengan valuasi yang nilainya naik luar biasa.

Hal ini membuat banyak investor yang masuk ke ranah startup. Namun, 6-18 bulan mendatang industri startup tidak akan seramah dengan yang ada saat ini.

"Jadi kita merasa ada perubahaan dari sisi appetite dan kalau sebelumnya growth atau cost, sekarang prudent growth yang lebih terukur kali ya, bakar-bakarannya mungkin dikurangi," ujar Roderick saat ditemui di Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Ia menyebut jika para startup masih bakar-bakar uang tanpa terkendali, mereka bisa terjebak dalam masalah besar.

Jadi, lanjut dia, kata-kata winter is coming adalah sebuah imbauan bagi para pelaku startup agar bersiap untuk memasuki era baru. Karena industri yang ada sekarang, tidak akan sama lagi ke depannya.

"Tapi bukan berarti enggak ada investment, bukan, enggak se-ekstrem itu." pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Startup Food-Tech Lokal Olah Bahan Nabati Jadi "Daging Ayam"


(Intan Rakhmayanti Dewi/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading