Maaf! Kamu Nggak Bisa Trading Luna di Indodax, Hingga Pintu

Tech - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
15 May 2022 13:30
Infografis: Aksi Tipu-tipu di Dunia Kripto Paling Gempar di Dunia Foto: Infografis/Aksi Tipu-tipu di Dunia Kripto Paling Gempar di Dunia/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Kejatuhan nilai Terra LUNA membuat beberapa marketplace memutuskan untuk melakukan delisting terhadap aset kripto itu. Beberapa diantaranya adalah Indodax, Pintu, dan Tokocrypto.

Dalam laman Indodax, pihaknya mengungkapkan akan menghentikan penjualan LUNA pada Jumat, 13 Mei 2022 karena nilainya yang telah mencapai Rp 10.


"Sesuai dengan pernyataan resmi kami sebelumnya terkait dengan aset kripto Terra (LUNA), apabila harga LUNA mencapai Rp10 maka transaksi perdagangan LUNA akan langsung dihentikan. Untuk itu, dengan berat hati kami umumkan Indodax akan melakukan delisting terhadap market LUNA pada hari Jumat, 13 Mei 2022 pada pukul 20.00 WIB," tulis Indodax.

Indodax lantas memberikan tiga pesan kepada member Indodax yang memiliki aset kripto LUNA. Ketiga pesan itu adalah sebagai berikut:

1. Indodax menutup aktivitas trading dan deposit aset kripto LUNA, maka seluruh member disarankan untuk melakukan penarikan aset kripto LUNA agar Anda dapat melakukan trading LUNA di exchange lain. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan saldo aset kripto LUNA Anda, karena tetap akan aman tersimpan pada sistem kami.

2. Sebelum melakukan transfer aset LUNA Anda ke exchange lain, mohon pastikan apakah exchange tujuan Anda mendukung market LUNA agar dapat melakukan penerimaan aset kripto LUNA yang dikirimkan dari Indodax.

3. Transfer aset kripto LUNA tidak dapat dilakukan ke alamat wallet akun Indodax lainnya.

"Apabila Anda mempunyai saran atau pertanyaan, silakan hubungi kami di [email protected]," tulis Indodax.

Sementara itu, Tokocrypto juga melakukan penghentian transaksi LUNA dan UST pada 13 Mei 2022. Mereka menyebut penghentian ini tidak akan mempengaruhi transaksi lainnya.

"Sementara itu, Tokocrypto juga melakukan penghentian pada 13 Mei 2022. Penyesuaian tidak akan mempengaruhi tempat perdagangan dan fungsi lain yang relevan," tulis keterangan resmi Tokocrypto

Pintu juga melakukan hal serupa. Mereka mengimbau user untuk sangat berhati-hati dalam mempertimbangkan risiko investasi pada aset kripto LUNA.

"Transaksi jual/beli token Terra (LUNA) akan dihentikan jika harga token tersebut mencapai Rp10. Mohon maaf atas ketidaknyamanan," tulis Tim Pintu.

Dalam sebulan terakhir Terra Luna telah kehilangan kapitalisasi pasar sebesar US$ 39,65 miliar atau setara Rp 574,93 triliun (asumsi Rp 14.500/US$). Hal ini pun memicu kerugian besar bagi para pemilik aset kripto itu.

Bahkan, di media sosial Twitter, tepatnya @BigAlphaID menjadi tempat curhat orang-orang yang merugi karena Terra LUNA. Terparah, salah satu orang menceritakan kalau dirinya berinvestasi hingga Rp 100 miliar dan karena harga Terra LUNA yang terjun bebas, dana yang dimilikinya kini sisa Rp 30,5 juta saja.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sosok Bos Terra LUNA, Kripto yang Harganya Anjlok 98%


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading