Hepatitis Misterius Bikin Cemas, Ini Perkembangan Terbarunya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 May 2022 19:07
World hepatitis day awareness with red yellow ribbon. Ilustrasi Hepatitis (photo created by jcomp via Freepik) Foto: Ilustrasi Hepatitis (photo created by jcomp via Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hepatitis akut misterius sekarang menyebar di 20 negara dengan lebih dari 200 kasus. Namun untuk definisi penyakit itu memang belum diketahui hingga sekarang.

Direktur Utama RS Sulianti Saroso, Muhammad Syahril mengatakan penyakit itu juga dibagi atas tiga kriteria yang akhirnya dikembangkan menjadi empat. Pertama adalah confirmed, karena penyakit baru jadi belum ada definisi soal hal ini.

Berikutnya adalah probable, yakni ditemukan tanda-tanda gejala hepatitis akut. Gejala tersebut dari sakit perut, mual sampai muntah. Kriteria lainnya adalah epi-linked. Ini adalah orang yang memiliki kontak erat dengan kasus probable.


Terakhir adalah pending case yang belum ada hasil pemeriksaan. "Satu lagi kriteria epi-linked, sama dengan yang probable tapi segala usia. satu lagi ciri epi-linked kontak erat dengan kasus probable yang ditemukan," jelas Syahril, Jumat (13/5/2022).

Sejauh ini di Indonesia sudah ditemukan 18 kasus. Dengan kasus terbanyak berada di DKI Jakarta sebanyak 12 kasus.

Selain itu juga ditemukan masing-masing 1 kasus, yakni di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Jawa Barat.

Hepatitis akut banyak ditemukan pada anak-anak. Syahril melaporkan terbanyak adalah 6 kasus pada usia 5-9 tahun. Lalu usia 0-4 tahun berjumlah 4 kasus.

Untuk usia lebih tua, seperti 10-14 tahun dan 15-20 tahun ditemukan masing-masing 4 kasus.

"Gejala-gejala pasien 18 ini pertama demam 72,2 persen. Mual, muntah, hilang nafsu makan, diare akut, lemah, lesu, nyeri bagian perut, mungkin kembung, nyeri sendi, kuning mata, gatal-gatal," kata Syahril.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Muncul Gejala Ini Saat BAB? Awas! Bisa Jadi Tanda Hepatitis


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading