Warning Kreator Apple iPod Soal Ancaman Metaverse

Tech - Tim, CNBC Indonesia
13 May 2022 16:15
Virtual reality

Jakarta, CNBC Indonesia - Kreator Apple iPod Tony Fadell mengingatkan soal risiko dari kehadiran metaverse. Menurutnya bisa menciptakan lebih banyak troll dan merusak interaksi manusia.

Troll adalah bahasa gaul seseorang untuk tindakan seseorang yang sengaja memicu konflik, permusuhan atau pertengkaran dalam komunitas sosial online.

"Metaverse menghilangkan kemampuan untuk melihat wajah orang lain. Jika Anda menempatkan teknologi di antara hubungan manusia, saat itulah toksisitas terjadi," ujarnya seperti dikutip dari BBC International, Jumat (13/5/2022).


Menurut Tony Fadell, hubungkan humanistik yang nyata tidak akan bisa terbentu ketika manusia membuat interaksi sosial dan koneksi sosial tanpa melihat wajah orang lain dan tidak melihat mata mereka.

"Itu menjadi disintermediasi dan Anda memiliki kemampuan pada saat itu untuk membuat lebih banyak troll. Itu orang-orang yang bersembunyi di balik sesuatu dan kemudian menggunakannya untuk keuntungan mereka guna mendapatkan perhatian," terang Tony Fadell.

metaverseFoto: Ilustrasi Metaverse (doc Decentraland)

"Kita perlu mendapatkan kembali kendali atas koneksi manusia, kita tidak membutuhkan lebih banyak teknologi di antara kita."

Dunia virtual metaverse mendadak menjadi pusat perhatian setelah Facebook mengganti namanya menjadi Meta dan memaparkan visinya soal metaverse berbasis virtual reality.

Pada dunia virtual ini pengguna akan dapat membuat avatar diri sendiri utnuk berinterasi dengan orang lain. Ini akan digunakan untuk bermain game tetapi juga di ruang-ruang seperti pekerjaan hingga konser musik.

Selain induk Facebook, ada Microsoft dan Epic Game yang berinvestasi pada Metaverse. Microsoft berencana menambahkan avatar dan lingkungan virtual 3D ke sistem obrolan Team dan diharapkan akan bisa diluncurkan tahun ini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mengenal Apa Itu Metaverse dan Bagaimana Cara Kerjanya


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading