Curiga Terinfeksi Hepatitis Akut? Segera Lakukan Langkah Ini!

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
09 May 2022 08:20
Infografis, Tanda-Tanda Anda Terinfeksi Hepatitis Misterius

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus hepatitis akut misterius tiba-tiba saja menghantam banyak negara, tidak terkecuali Indonesia. Hingga saat ini, penyakit hepatitis misterius itu masih belum diketahui penyebabnya.

Hanifah Oswari yang merupakan dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI, menyebutkan gejala awal penyakit hepatitis akut adalah mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan. Selanjutnya, gejala akan semakin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB (buang air besar) berwarna putih pucat.

Jika anak mengalami gejala-gejala tersebut, orang tua diminta segera memeriksakan anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis awal.


Jangan menunggu hingga muncul gejala kuning, bahkan sampai penurunan kesadaran karena kondisi tersebut menunjukkan bahwa infeksi hepatitis sudah sangat berat. Jika terlambat mendapatkan penanganan medis, momentum dokter untuk menolong pasien sangat kecil.

"Bawalah anak-anak kita ke fasyankes terdekat untuk mendapatkan pertolongan dari tenaga kesehatan. Jangan menunggu sampai gejalanya lebih berat, karena kalau berat kita kehilangan momentum untuk bisa menolong lebih cepat. Apalagi kalau sampai sudah terjadi penurunan kesadaran, kesempatan untuk menyelamatkannya sangat kecil," kata Hanifah.

Kemenkes juga menyatakan hal yang sama. Kemenkes meminta agar pihak terkait seperti untuk menginformasikan kepada masyarakat untuk segera mengunjungi fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) terdekat apabila mengalami sindrom penyakit kuning, dan membangun dan memperkuat jejaring kerja pemantauan dengan lintas program dan lintas sektor.

Melalui Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/2515/2022, Kemenkes meminta dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, kantor kesehatan pelabuhan, laboratorium kesehatan masyarakat, dan rumah sakit untuk antara lain memantau dan melaporkan kasus sindrom penyakit kuning akut di sistem kewaspadaan dini dan respons (SKDR).

Penyakit hepatitis misterus dilaporkan banyak diderita anak usia 1 bulan-16 tahun. Hepatitis akut dikatakan misterius karena bukan timbul dari virus penyebab hepatitis A-E.

Virus ini pertama kali dilaporkan keberadaannya di Inggris Raya pada 5 April lalu. Kemudian, pada 8 April ada 3 negara lain yang melaporkan kasus serupa.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lantas menetapkan penyebaran hepatitis misterius ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) per 15 April. Hampir sepekan setelahnya, dilaporkan sudah ada 170 kasus pada 12 negara.

Penyakit misterius ini diduga sudah masuk ke Indonesia karena pada 16-30 April ada 3 kasus pasien anak hepatitis akut yang ditemukan meninggal dunia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Abai! Ini Tanda Hepatitis Misterius Bergejala Berat


(Intan Rakhmayanti Dewi/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading