10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Diet Ketat & Olahraga

Tech - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
02 May 2022 17:20
Ilustrasi Perut Buncit (Pixabay)

7. Tidur Cukup dan Teratur

Sering kali orang mengabaikan waktu tidur yang cukup. Padahal waktu istirahat yang cukup memiliki efek kuat untuk menurunkan berat badan dan menahan nafsu makan.

Kurang tidur bisa menyebabkan gangguan pada hormon pengatur nafsu makan leptin dan ghrelin. Karena itu, Anda harus memiliki waktu istirahat yang cukup (8 jam untuk orang dewasa), agar tubuh tetap sehat dan mampu mencerna kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan baik.

8. Menghindari Stres

Tidak jarang stres memunculkan masalah gangguan psikologis seperti eating disorder. Gangguan ini menyebabkan Anda mengonsumsi makanan dengan porsi yang besar pada waktu yang spesifik, makan tak terkontrol, tetap makan ketika kenyang hingga menyebabkan kekenyangan berlebihan. Ketika stres, hormon kortisol akan meningkat. Di mana hormon ini berfluktuasi untuk meningkatkan rasa lapar dan keinginan akan makanan yang tidak sehat. Cenderung mengarah ke asupan kalori yang berlebih.


9. Makan Menggunakan Piring Kecil

Makan dengan menggunakan piring kecil mampu membantu Anda untuk merasa cukup ketika makan pada porsi yang pas. Secara tidak sadar, Anda menganggap bahwa makanan yang ada di piring kecil tersebut terlihat lebih banyak dibandingkan jika menggunakan piring besar. Secara tidak langsung, makan menggunakan piring kecil ini menjadi faktor pendukung untuk bantu meratakan perut buncit.

10. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Perlu diketahui bahwa otak kita membutuhkan waktu untuk memproses informasi bahwa kita sudah cukup makan. Dengan mengunyah makanan secara perlahan dan menyeluruh dapat membuat Anda makan lebih lambat. Hal ini mampu menurunkan asupan makanan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading