Jangan Lewat, Menjelang Sore Ini Akan Ada Gerhana Matahari

Tech - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
30 April 2022 08:40
In this photo provided by NASA, a partial solar eclipse is seen as the sun rises to the left of the U.S. Capitol in Washington, Thursday, June 10, 2021, as seen from Arlington, Va. (Bill Ingalls/NASA via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Fenomena Gerhana Matahari diprediksi akan kembali hadir pada tahun ini. Bahkan, diperkirakan Fenomena Gerhana Matahari ini akan hadir pada tanggal 30 April 2022 ini.

Fenomena Gerhana Matahari ini akan terjadi mulai pukul 14.45 EDT waktu setempat atau 01.45 WIB pada 1 Mei 2022. Sedangkan, puncak terjadinya gerhana pukul 16.41 EDT waktu setempat atau 03.41 WIB.

Tapi sayang Gerhana Matahari ini hanya bisa disaksikan warga Indonesia secara online saja tidak bisa dijumpai secara langsung. Detik-detik tertutupnya Matahari oleh Bulan sebagian akan dapat dilihat dari Antartika, ujung selatan Amerika Selatan, wilayah Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik.


"Gerhana Matahari Sebagian kali ini, bertepatan dengan konjungsi akhir bulan Ramadan 1443 H, sehingga hilal kemungkinan dapat disaksikan ketika Matahari terbenam, setelah gerhana," kata Andi Pangerang, peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, dikutip dari situs Edukasi Sains Antariksa BRIN.

Gerhana Matahari sebagian sendiri adalah fenomena astronomis ketika Bumi, Bulan, dan Matahari terletak pada satu garis lurus. Permukaan Matahari yang teramati dari Bumi hanya tertutup sebagian saja oleh Bulan.

"Hal ini disebabkan bayangan Bulan yang jatuh di permukaan Bumi hanya bayangan penumbra/semu saja, sedangkan bayangan umbra inti berada di luar permukaan Bumi," tulis Andi

Wilayah yang tertutupi oleh bayangan penumbra Bulan akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian, sementara wilayah yang tertutup oleh bayangan umbra Bulan bakal mengalami Gerhana Matahari Total.


[Gambas:Video CNBC]

(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading