Ada Gerhana Matahari Pertama Tahun Ini, Catat Tanggalnya

Tech - Intan Rakhmayanti, CNBC Indonesia
24 April 2022 14:30
A partial solar eclipse rises behind clouds, Thursday, June 10, 2021, in Arbutus, Md. (AP Photo/Julio Cortez)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gerhana matahari pertama tahun 2022 akan terjadi pada 30 April. Fenomena alam ini akan terjadi seluruh bagian Antartika, Amerika Selatan di ujung selatannya, dan Samudera Pasifik dan Atlantik.

Gerhana matahari yang akan terjadi kali ini adalah parsial atau sebagian. Gerhana matahari sebagian sering terlihat seperti bulan telah "menggigit" atau mengambil sebagian dari matahari, demikian dikutip dari Space, Minggu (24/4/2022)

Gerhana matahari sebagian membuat sekitar 64% dar matahari yang akan, menurut NASA. Jumlahnya akan bervariasi, tergantung pada lokasi Anda menonton.

Kalau tertutup sempurna, maka yang terjadi adalah gerhana matahari total. Sedangkan di tahun ini, tidak akan ada gerhana matahari total, karena fenomena itu ada di tahun 2023.

Gerhana matahari sebagian selanjutnya dijadwalkan berlangsung pada 25 Oktober 2022.

Sayangnya Indonesia tidak kebagian fenomena ini. Namun tak perlu khawatir Anda tetap bisa menyaksikannya via streaming.

Gerhana matahari sebagian ini akan terjadi mulai pukul 14.45 EDT waktu setempat atau 01.45 WIB pada 1 Mei 2022. Sedangkan, puncak terjadinya gerhana pukul 16.41 EDT waktu setempat atau 03.41 WIB.

Akan ada beberapa streaming langsung acara tersebut jika Anda ingin mengamati langit.

Anda bisa menyaksikannya di blog Timeanddate.com. Juga pada saluran YouTube Gyaan ki gareebi Live akan mulai mengudara saat gerhana dimulai.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ngeri! 'Vampir' di Luar Angkasa, 'Hisap' Darah Para Astronot


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading