Siap-siap! Bulan Purnama Pink Terlihat Akhir Pekan Ini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
14 April 2022 13:20
The full moon, known as the

Jakarta, CNBC Indonesia - Bulan purnama akan menghiasi langit akhir minggu ini. Fenomena ini dinamakan Bulan Merah Muda akan mulai dari Jumat pagi 15 April 2022 hingga Senin pagi 18 April 2022 mendatang.

Bulan Purnama itu akan diterangi sepenuhnya hanya untuk sesaat pada 14:55 EDT hari Sabtu (16/4/2022). Di Indonesia, laman time and dates menuliskan akan terjadi pada Minggu (17/4/2022) dini hari jelang waktu sahur.

"Ini akan jadi akhir pekan bulan purnama," kata eksekutif program Direktorat Misi Sains di Markas Besar NASA, Gordon Johnston, dikutip Live Science, Kamis (14/4/2022).


Fenomena bulan purnama ini dinamakan Pink Moon atau Bulan Merah Muda. Alasannya karena terjadi untuk bunga merah muda cemerlang yang bermekaran di awal musim semi.

Bulan purnama terjadi sekitar sebulan sekali saat posisi Matahari, Bumi, dan Bulan berbaris pada garis imajiner 180 derajat. Orbit Bulan hanya 5 derajat berbeda dari Bumi, jadi biasanya lebih tinggi sedikit atau lebih rendah dari bayangan Bumi.

Meski tidak benar nampak merah muda, nama itu didapatkan dari ramuan bunga moss pink, disebut creeping phlox, moss phlox atau mountain phlox. Sebutan itu mengacu pada tanaman asli AS timur yang mekar di awal musim semi, ungkap NASA.

Nama lain untuk fenomena ini Sprouting Grass Moon, Egg Moon, dan Fish Moon. Sebab menurut Maine Farmer's Almanac dikutip laporan NASA, karena secara historis berenang ke hulu untuk bertelur.

Sementara itu saat Bulan Purnama, sebagian atau seluruh bayangan Bumi jatuh ke Bulan menjadi gerhana Bulan. Fenomena itu berikutnya terjadi bulan depan pada 15-16 Mei 2022, saat gerhana Bulan total mengubah Bulan menjadi warna merah karat atau disebut Bulan Darah.

Bulan yang biasanya berwarna putih berubah menjadi warna merah karena cahaya Matahari mengelilingi Bumi. Yakni saat atmosfer menyaring panjang gelombang yang lebih pendek, seperti biru dan ungu, namun memungkinkan panjang gelombang merah dan oranye melewatinya, artinya bisa mencapai Bulan dan mengubahnya menjadi merah anggur.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading