Daftar Aplikasi Peta & Pantau Jalur Mudik 2022, Hindari Macet

Tech - Tim, CNBC Indonesia
27 April 2022 17:10
Sejumlah kendaraan berjalan perlahan saat terjebak macet di tol dalam kota, Jakarta, Selasa (26/4/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hari lebaran tinggal menghitung hari. Bagi pemudik yang ingin menggunakan moda transportasi darat dengan mengendarai kendaraan pribadi maupun umum sebaiknya memiliki aplikasi pemantau dan peta lalu lintas.

Aplikasi peta dan pantau jalur mudik 2022 dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui kondisi lalu lintas jalan terutama ketika ingin menghindari kemacetan.

Aplikasi peta dan pemantau lalu lintas jalur mudik lebaran 2022 sangatlah penting. Hal ini dikarenakan aktivitas mudik tahun ini diprediksi akan melonjak drastis. Aplikasi-aplikasi ini juga sudah cukup banyak yang beroperasi di Indonesia.


Aplikasi ini akan melaporkan secara real-time aktivitas lalu lintas, mulai dari rute jalan yang lancar bebas hambatan, kondisi cuaca, kondisi lalu lintas terkini maupun lokasi pemberhentian terdekat untuk beristirahat.

Aplikasi Peta dan Pantau Jalur Mudik 2022

Pulang ke kampung halaman akan terasa sangat membosankan saat menghadapi kemacetan. Nah, untuk menghindari situasi tersebut, Anda bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi di ponsel pintar berikut ini:

1. NTMC Mudik

NTMC Mudik dikembangkan oleh Korlantas Mabes Polri yang berguna untuk mempermudah pemudik dalam melakukan perjalanan mudik lebaran. Di dalam aplikasi ini, terdapat sejumlah informasi yang bisa diakses seperti rute jalan, peta mudik, informasi publik, Jasa Marga, hingga Jasa Raharja.

Fitur informasi publik tersebut berisi nomor telepon jalan tol, pelabuhan, bandara, polisi, jalur rawan macet, dan kecelakaan serta longsor hingga rumah makan.

2. Google Maps

Aplikasi ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Google Maps memiliki fitur-fitur yang lengkap, seperti direktori jalan, navigasi perjalanan,hingga kondisi lalu lintas jalan.

Pada peta Google Maps terdapat indikator warna yang menunjukkan kondisi kepadatan lalu lintas jalan, yakni ada warna hijau, kuning, dan merah.

Warna hijau menandakan kondisi lalu lintas berjalan lancar atau tidak ada kemacetan berarti. Warna kuning menunjukkan bahwa lalu lintas cukup ramai, namun masih ada jarak antar kendaraan. Sedangkan warna merah menandakan bahwa kondisi lalu lintas sedang macet atau sangat padat.

Google maps juga dapat digunakan secara offline atau ketika tidak ada koneksi internet atau bahkan bisa dipakai saat tidak terhubung sama sekali dengan internet.

3. Waze

Mirip dengan Google Maps, Waze juga mempunyai fitur yang menampilkan bagaimana kondisi lalu lintas di jalan.

Pada peta waze, terdapat tiga warna yang menandakan kondisi lalu lintas jalan. Merah berarti sedang terjadi kemacetan, kuning menunjukkan kondisi sedang ramai lancar, dan abu-abu yang berarti kondisi lalu lintas berjalan lancar.

Selain itu, Waze juga mengajak penggunanya untuk berkontribusi dalam memberikan informasi yang dijumpai saat di perjalanan. Informasi yang Anda laporkan nantinya akan sangat membantu pengguna yang lain, terutama mereka yang memiliki rute yang sama dengan Anda.

4. JasamargaLive

PT Jasamarga (Persero) membuat aplikasi yang menyediakan sejumlah fitur seperti streaming CCTV, informasi lalu lintas, dan peta kemacetan. Pada fitur streaming CCTV, pemudik bisa melihat kondisi jalan secara langsung sehingga sangat memudahkan untuk menentukan jalan mana yang ingin dilewati.

Pemudik juga bisa memilih sejumlah ruas jalan tol lain seperti tol Belmera, Cipularang, Dalam Kota Jakarta, dan Jagorawi.

5. RTTMC

RTTMC merupakan singkatan dari Road Transport and Traffic Management Center atau Pusat Manajemen Lalu Lintas dan Transportasi Darat milik Kementerian Perhubungan.

Aplikasi ini merupakan versi mobile dari laman https://rttms.dephub.go.id yang berisi innformasi seputar alu lintas, khususnya jalan nasional yang menjadi kewenangan direktur jenderal Hubungan Darat (Hubdat) dan Kementerian Perhubungan.

RTTMC dilengkapi dengan fitur CCTV (live streaming) dari berbagai wilayah, informasi berita lalu lintas, nomor penting, dan lan-lain. Informasi ini bisa membuat perjalanan mudik lebaran 2022 Anda menjadi lebih nyaman dan aman.

6. Here WeGo

Here WeGo merupakan aplikasi peta dan navigasi yang bisa jadi andalan sekaligus alternatif Google Maps. Fitur-fitur yang ditawarkan Here WeGo juga cukup lengkap, mulai dari peta offline yang bisa Anda unduh pada peta area tertentu. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini sebagai navigasi saat tidak ada koneksi internet sama sekali.

7. BPJT Info Tol

Aplikasi dari Badan Pengatur Jalan Tol milik Kementerian PUPR ini sangat memudahkan bagi pengguna jalan tol dalam mencari informasi-informasi seputar jalan tol melalui smartphone saja.

BPJT Info Tol menawarkan sejumlah fitur-fitur yang tidak kalah bagusnya dengan aplikasi lain, yaitu seperti cek tarif tol (informasi estimasi total tarif yang harus dikeluarkan antar-ruas tol semua golongan kendaraan dengan fitur navigasi serta lokasi gerbang tol), rest area (menampilkan lokasi fasilitas rest area terdekat), dan peta jalan tol.

Selain itu, BPJT Info Tol juga memiliki fitur live update yang akan memberikan Anda informasi mengenai kondisi jalan tol terkini. Jadi, Anda bisa memantau keadaan jalan tol melalui CCTV.

Demikian informasi mengenai daftar aplikasi peta dan pantau jalur mudik 2022 sebelum Anda berangkat mudik. Semoga bermanfaat.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sulit Cari Masjid Terdekat Saat Mudik? Coba Aplikasi Ini


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading