Ini Kunci GoTo Sukses Sabet Best Employer Awards 2022

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
25 April 2022 09:27
GoTo

Jakarta, CNBC Indonesia - Grup GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial, mendapatkan penghargaan dari Glints Best Employer Award 2022 untuk kategori Diversity and Inclusion (Keberagaman dan Inklusivitas). Bagi GoTo, memastikan keragaman dan inklusi membutuhkan proses yang komprehensif dan menyeluruh yang telah melahirkan berbagai kebijakan dan program untuk memastikan semua karyawan tahu bahwa mereka dihargai, dilibatkan, dan didukung.


Dalam mencapai hal itu, GoTo telah menjalankan serangkaian inisiatif salah satunya program pengembangan tenaga kerja Gojek dengan memasukkan Diversity, Equity, dan Inclusion (DEI) ke dalam rekrutmen dan manajemen talenta.

Head of Sustainability at GoTo, Tanah Sullivan mengatakan DEI merupakan topik yang cukup baru di Indonesia. Untuk itu, pihaknya mengumpulkan semua masukan dari karyawan di seluruh pasar untuk membantu membentuk satu visi menyeluruh DEI.


Program pelatihan DEI yang dikembangkan ini bertujuan untuk mendidik melawan bias yang tidak disadari dan mempromosikan inklusivitas.

"Ini tidak hanya memfasilitasi retensi karyawan dan membantu menarik bakat baru, tetapi juga meningkatkan kepercayaan dan keterlibatan karyawan," tambah Manajer Produk Aakanksha Vijayvargiya dalam keterangan tertulis, Kamis (21/04/2022).

GoToFoto: Dok GoTo
Tokopedia

Selain itu, Gojek juga telah membentuk Employee Resource Groups (ERGs) sukarela yang dipimpin oleh karyawan yang memfasilitasi hubungan antar rekan kerja, serta Employee Assistance Program (EAP) untuk memberikan bantuan preventif dan suportif kepada karyawan baik dalam tantangan pribadi maupun profesional.
Selain Gojek, Tokopedia juga telah menerapkan sejumlah kebijakan dan program untuk mendukung karyawan wanita, orang tua, calon ibu dan ibu baru, serta karyawan difabel.

Perusahaan menawarkan kepada ibu hamil 90 hari cuti hamil berbayar yang dapat mereka gunakan sebelum dan sesudah melahirkan, dan juga mempertimbangkan mereka yang mengalami keguguran dengan memberi mereka cuti keguguran berbayar selama 45 hari. Lebih lanjut, ada juga ekosistem NakaParents Tokopedia yang mendukung orang tua dengan e-konseling, webinar, playdate virtual, dan imunisasi anak di rumah, serta program NakaDifabel yang berfokus pada peluang kerja bagi kandidat penyandang disabilitas.

"Ekosistem NakaParents adalah hak istimewa karena membuatnya merasa didukung dan dihargai, serta memungkinkannya untuk menyeimbangkan perannya dengan baik di perusahaan dan sebagai ibu yang bekerja," imbuh Customer Experience Lead Tokopedia, Karunia Khairunnisa.

Glints Best Employer merupakan penghargaan 10 perusahaan perintis di Asia Tenggara, Hong Kong, dan Taiwan atas pencapaian luar biasa mereka dalam membangun dan mengelola tenaga kerja pasca pandemi. Penghargaan Glints Best Employer tahun 2022 ini mengangkat tema 'Beyond Borders'.

Ada lima kategori yang masuk dalam penghargaan versi Glints ini yang mewujudkan nilai-nilai progresif pertumbuhan organisasi di dunia pasca pandemi. Kategori tersebut yaitu Diversity & Inclusion 2.0, Talent Transformation, Thriving Workforce, Tech Talent Magnet, dan Smart Teams.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mudahkan Belanja, GoTo Implementasi QRIS ke Mitra Tokopedia


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading