Greenshoe Bekerja, Penurunan Harga GOTO Terkendali

Market - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
20 April 2022 17:35
Pencatatan Perdana Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (11/4/2022).. (dok. GoTo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Stabilisasi harga melalui skema greenshoe saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) bekerja. Hal ini terungkap dalam keterbukaan informasi terkait aktivitas tersebut.

CGS-CIMB Sekuritas Indonesia menjadi broker yang bertanggung jawab atas greenshoe. Broker ini telah membeli 1,22 miliar saham GoTo di rata-rata harga Rp 338 per saham.

Dus, nilai transaksi tersebut mencapai Rp 413,23 miliar. Transaksi dilakukan hari ini, Rabu (20/4/2022).


Adapun alokasi greenshoe sebesar 6,09 miliar saham. Sehingga, saham yang telah dibeli untuk stabilisasi harga itu sebesar 20,07% dari alokasi yang ada.

Sejak awal pencatatan atawa listing saham GOTO 11 April kemarin, CGS-CIMB belum mengeksekusi greenshoe. Pembelian hari ini menjadi pertama kalinya yang dilakukan. 

Asal tahu saja, Aturan Green Shoe diatur dalam Peraturan Bapepam-LK No.XI.B.4 tentang Stabilisasi Harga Saham dalam Rangka Penawaran Umum Perdana (IPO). Intinya, regulasi ini membolehkan emiten melakukan intervensi atau stabilisasi harga dengan ketentuan maksimal 15% dari saham IPO dengan jangka waktu pelaksanaan maksimal 30 hari.

Dari sudut pandang investor, IPO dengan opsi greenshoe memberikan rasa aman bahwa setelah listing harga saham akan terus dijaga sehingga tidak jatuh di bawah harga penawaran perdananya. Strategi ini juga mencerminkan komitmen emiten yang lebih fokus pada pergerakan harga yang stabil ketimbang target dana IPO yang terlalu bombastis.

Dalam menerapkan skema greenshoe, GoTo menetapkan sampai dengan sebanyak-banyaknya 15% dari jumlah saham yang ditawarkan pada saat IPO, atau 7,8 miliar saham, yang akan diambil dari saham tresury. Jika skema greenshoe ini dilakukan dan terlaksana secara optimal, maka total saham GoTo yang beredar di publik sebanyak-banyaknya 59.82,5 miliar saham.

Menilik pergerakan harga saham, GOTO dibuka ke level Rp 364 per saham, lebih tinggi dari harga sebelumnya, Rp 364 per saham. Harga kemudian berangsur turun hingga parkir di level Rp 340 per saham di penutupan sesi pertama.

Harga sempat menyentuh level IPO di Rp 338 per saham pada sesi dua perdagangan hari ini. Harga juga sempat beberapa kali menyentuh level Rp 342 per saham hingga pada akhirnya kembali ditutup di level Rp 338 serta mengakumulasi penurunan 5,59% sepanjang hari ini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Baru 9 Hari, Greenshoe GOTO Sudah 98,49% Terpakai


(dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading