Terbukti Manjur! Ini Vaksin Covid Paling Bagus Untuk Booster

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 April 2022 09:25
Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) di Lobby Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu, 6 April 2022. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah negara di dunia telah mengadakan program vaksinasi booster bagi masyarakatnya. Termasuk Indonesia yang telah mengadakannya sejak 12 Januari 2022, dan diberikan secara gratis.

Masyarakat Indonesia yang sudah bisa mendapatkan dosis lanjutan adalah mereka yang telah menerima vaksin penuh atau dua dosis vaksin Covid-19. Selain itu berusia 18 tahun ke atas.

Berikut beberapa hasil penelitian kemanjuran dari sejumlah jenis vaksin yang digunakan sebagai booster, dirangkum CNBC Indonesia dari berbagai sumber:


Vaksin Pfizer dan Vaksin Moderna

Discovery Health, perusahaan asuransi Afrika Selatan, dalam studinya menyatakan dua dosis Pfizer memiliki tingkat keefektifan sebesar 70% melawan omicron. Sayang jumlah tersebut menurun dari efikasi awal yakni sekitar 80%.

Tingkat tersebut merupakan efektivitas vaksin Pfizer juga untuk mencegah penyakit parah serta rawat inap.

Selain itu studi dari Columbia University dan University of Hong Kong menyatakan antibodi dihasilkan Pfizer 20 kali lebih rendah untuk melawan Omicron dibandingkan dengan varian aslinya. Riset di Inggris melaporkan 32% dari 581 kasus Omicron telah menerima vaksin dua dosis Pfizer selama 15 minggu atau lebih sebelumnya.

Peneliti juga menyimpulkan vaksinasi booster dapat meningkatkan perlindungan tubuh. Antibodi pada Pfizer untuk melawan Omicron meningkat seperti menghadapi infeksi pada varian awal.

Sementara itu, pada vaksin Moderna, terdapat penurunan antibodi melawan Omicron sebanyak sembilan kali dibandingkan varian sebelumnya. Vaksin booster juga memegang peranan penting antibodi dapat meningkat lebih tinggi, apabila diberikan dengan jenis yang lebih tinggi.

Kemanjuran AstraZeneca dan Sinovac
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading