Buruan Ganti Ponsel Jadul, 96% Jaringan 3G XL Sudah Mati

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 April 2022 18:05
Kominfo Minta Jaringan 3G Dihapus

Jakarta, CNBC Indonesia - Operator diketahui mulai mematikan jaringan 3G termasuk XL Axiata. Jaringan 3G XL Axiata sudah mati sebanyak 96%.

"Sudah melakukan shutdown 3G mulai Q4 tahun lalu, saat ini sudah sampai 96%," kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam paparan Publik PT XL Axiata Tbk., Jumat (22/2/2022).

Sementara itu, sisanya akan dilakukan secara bertahap sebab mendorong migrasi pelanggan perlu banyak waktu dan usaha.


"Sisanya melakukan bertahap karena kami tahu memigrasi pelanggan voice ke data, pelanggan masih memakai SIM dan uSIM, belum smartphone ke smartphone, perlu waktu dan usaha lebih intens lagi," jelasnya.

Migrasi dilakukan bertahap seiring dengan campaign yang dilakukan, ungkapnya. Kampanye ini diharapkan bisa terus dimaksimalkan dan berjalan dengan lancar.

Darmayusa menjelaskan pihaknya mematikan 3G karena penggunaan layanan suara turun, secara tahunannya merosot 15%.

Di sisi lain, data terus mengalami kenaikan 34,4% secara year-on-year. Sementara itu, sebelumnya 3G masih dominan untuk jaringan dan digunakan untuk layanan suara hampir di seluruh operator.

Menurutnya, untuk jaringan lebih efisien adalah dengan memaksimalkan menggunakan teknologi yang paling terakhir.

"Salah satu kontribusi membuat network efisien memaksimalkan spektrum untuk teknologi paling terakhir dalam hal ini 4G," kata I Gede Darmayusa.

Dalam kesempatan berbeda, Telkomsel juga mengumumkan menghentikan jaringan 3G secara bertahap. Ini dimulai sejak Maret lalu dan diperkirakan selesai pada Desember 2022 mendatang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Telkomsel Buka-bukaan Alasan Matikan Jaringan 3G Tahun Ini


(npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading