Upgrade 3G, Telkomsel: Internet Bisa Pakai 4G atau 5G

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 April 2022 07:05
Direktur Planning and Transformation Telkomsel Wong Soon Nam, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail, Direktur Network Telkomsel  Nugroho

Jakarta, CNBC Indonesia - Telkomsel memastikan mengakhiri masa hidup 3G pada layanannya. Operator seluler itu beralasan penggunaan internet sebenarnya lebih baik menggunakan jaringan 4G atau 5G.

"Sekarang punya 2G, 3G, dan 4G, duplikasi enggak perlu. Voice bisa 2G, data 3G enggak reliable lebih baik 4G atau 5G," jelas Direktur Network Telkomsel Nugroho, di kantor Telkomsel, Rabu malam (6/4/2022).

Selain itu, Nugroho mengatakan resources yang ada bisa berfokus mengembangkan use case bermanfaat untuk mendukung digitalisasi di tanah air. Keputusan mematikan 3G juga terkait dengan spektrum yang sangat terbatas, agar bisa memberikan pengalaman konsumen yang lebih maksimal lagi.


"Spektrum yang sangat terbatas bisa dimanfaatkan sebaiknya. Sehingga bisa memberikan customer experience maksimal, kompetitif," ungkapnya.

Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo, Ismail mengatakan hal yang sama. Keputusan Telkomsel ini menurutnya akan membuat masyarakat bisa menikmati layanan lebih baik lagi.

Dia mengatakan penghentian 3G ini bisa dijalankan secara terukur dan terarah. Termasuk juga meminta untuk melakukan sosialisasi pada masyarakat yang masih menjadi pengguna di jaringan tersebut.

"Kalau data perlu ada program dipertimbangkan Telkomsel untuk memberikan dorongan masyarakat saat ini HP masih pakai 3G, ini penting sosialisasikan karena di daerah timur, di daerah pelosok tanah air pelayanan agar tersedia layanan Telkomsel," ujar Ismail.

Telkomsel sendiri melakukan upgrade layanan 3G ke 4G secara bertahap. Diharapkan semua akan bisa diselesaikan pada akhir tahun ini.

Saat ditanya soal target pemerintah untuk kebijakan penghentian 3G ini, Ismail mengatakan pemerintah mengembalikan keputusan pada operator. Pemanfaatan spektrum menjadi kewenangan operator sendiri.

"Kalau pemerintah melepaskan keputusan pada operator. Sudah kebijakannya teknologi netral, pemanfaatan spektrum kewenangan operator sendiri untuk meng-improve teknologi apa yang akan dimanfaatkan," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Telkomsel Buka-bukaan Alasan Matikan Jaringan 3G Tahun Ini


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading