Telkomsel Hentikan 3G, Ini Nasib Frekuensi yang Ditinggalkan

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 April 2022 07:15
Direktur Planning and Transformation Telkomsel Wong Soon Nam, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail, Direktur Network Telkomsel  Nugroho

Jakarta, CNBC Indonesia - Telkomsel memutuskan menghentikan jaringan 3G. Frekuensi yang ditinggalkan pun akan langsung di-upgrade ke jaringan di atasnya.

"Kita pastinya ada langsung upgrade 4G, 15 Mhz ke 4G, ada juga di beberapa lokasi tertentu ke 5G. Jadi pakai DSS, pakai 4G dan 5G di lokasi tertentu," kata Vice President RAN Engineering and Project Telkomsel, Akhmad ditemui di kantor Telkomsel, Rabu Malam (7/4/2022).

Dia menjelaskan frekuensi 3G tadinya berada di 2.100 Mhz. Pada tahun lalu sudah diubah sebagian 10 MHz untuk 4G dan 3G sebanyak 5 Mhz.


Telkomsel akan melakukan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten hingga akhir 2022. Prosesnya dilakukan secara bertahap dan dimulai sejak Maret lalu.

Sejak Maret hingga Mei mendatang akan dilakukan pada 90 kota/kabupaten, berikutnya Juni-Juli 2022 di 132 kota/kabupaten, 178 kota/kabupaten bulan Agustus hingga Oktober, dan terakhir November-Desember pada 104 kota/kabupaten. Daftar lengkap daerah-daerah tersebut bisa dicek pada laman tsel.me/ingatempatg.

"Fokusnya per kecamatan ujungnya based on kabupaten level tetapi kami lihat dari kecamatan untuk eksekusinya, jadi yang memang pelanggannya sudah kecil itu yang dieksekusi. Jadi nanti akan dibuat misalnya kecamatan duluan sehingga selesai kabupaten dalam sebulan," jelas Akhmad.

"Enggak bisa dilihat dari sisi Indonesia timur atau barat. Karena kita lihat berdasarkan di situ pelanggannya sudah berkurang 3G-nya, jadi kita memang tidak fokus ke daerah tertentu yang kita eksekusi, kita melihat di mana yang sudah ready itu yang kita eksekusi".

Dia mengatakan pengguna 3G memiliki beberapa contoh kasus. Ada yang memang dari perangkatnya hingga belum mengganti kartu Sim Cardnya.

"Ada yang memang device-nya tapi ada yang memang dia belum ganti kartu, bukan belum seluruhnya karena kartu belum diganti. Masyarakat diminta untuk ganti dari SIM ke USIM," tuturnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Telkomsel Buka-bukaan Alasan Matikan Jaringan 3G Tahun Ini


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading