Akhir Tahun Ini Ada Mobil Listrik Cuma Rp 400 Juta, Mau Beli?

Tech - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
20 April 2022 20:58
Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 yang di pamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 di JIExpo-Kemayoran, Kamis (31/3/2022). IONIQ 5 merupakan mobil listrik yang diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo).

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepemilikan mobil listrik di Indonesia hingga saat ini masih sangat rendah karena harganya yang mahal. Rata-rata tingkat kemampuan masyarakat membeli mobil hanya Rp 300 juta, sementara harga mobil listrik yang tersedia di pasaran saat ini masih berkisar Rp 500 - Rp 1 miliar. Namun, akhir tahun ini bakal ada mobil listrik murah seharga Rp 400 jutaan. 

Kasubdit Ilmate Kementerian Perindustrian Dodiet Prasetyo mengatakan harga mobil listrik sangat mempengaruhi penjualan, salah satu komponen yang membuat mahal adalah baterai mobil listrik.

Dia menjelaskan, meski nanti pada 2030 di mana ekosistem pembuatan baterai listrik sudah terbentuk di Indonesia, namun harga komponen katoda yang paling mahal juga belum bisa menjadi murah. "Harga baterai tahun ini belum bisa dibikin murah, mungkin murah ketika 2030," kata Dodiet dalam diskusi Indef, Rabu (20/4/2022).


Karena itu, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan produsen mobil untuk membuat mobil listrik compact car, atau mobil listrik yang berukuran lebih kecil ukurannya. Sehingga harga lebih terjangkau di kisaran harga Rp 300 - 400 juta.

"Yang menyebabkan mahal adalah baterai, harga katoda paling mahal sekitar 53% dan itu kecil kemungkinan diturunkan (harganya). Salah satu yang dilakukan adalah memperkecil ukuran baterai," katanya.

Dengan pembuatan mobil listrik kecil, kapasitas baterai yang dibutuhkan juga lebih minim. 

"(Untuk) memproduksi mini EV compact car ini sudah kita diskusikan dengan beberapa pabrikan di produksi Indonesia, harapannya akhir tahun ini bisa produksi mobil EV di harga Rp 400 juta," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Huawei Masuk Bisnis Mobil Listrik Tantang Tesla, Ini Buktinya


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading