Cara Transfer Data iPhone ke Android, Ini Link Aplikasinya

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
14 April 2022 15:55
CEO Apple Tim Cook memamerkan iPhone SE baru yang menampilkan 5G dan chip A15 Bionic selama acara khusus di Apple Park di Cupertino, California, AS, Selasa (8/3/2022). (Brooks Kraft/Apple Inc./Handout via REUTERS)

Jakarta, CNBC Indonesia - Google sedang bersiap untuk meluncurkan cara baru yang memungkinkan pengguna iPhone transfer data dengan mudah ke perangkat Android, tanpa kabel.

Tampilan pertama fitur ini diungkap oleh 9to5Google, melalui aplikasi bernama "Switch to Android" atau "Beralih ke Android" rilisan Google yang berjalan di iPhone.

Berpindah dari satu perangkat Android ke perangkat baru sangat mudah. Anda dapat menghubungkan kedua ponsel, baik secara nirkabel atau dengan kabel USB, untuk menyalin semua aplikasi, kontak, pesan, foto, dan lainnya dengan mulus.

Sebaliknya, saat ingin menyalin data dari iPhone ke Android bukanlah proses yang mudah, termasuk untuk mem-backup data ke Google Drive dan memulihkannya secara manual.


Pada Juli 2021 silam, 9to5Google, melaporkan bahwa Google sedang mengerjakan aplikasinya sendiri untuk menarik pengguna baru beralih menggunakan Android.

Kini, telah diluncurkan secara perlahan ke App Store sebagai aplikasi tidak terdaftar - fitur yang baru saja dirilis Apple - sehingga hanya dapat diakses melalui tautan langsung.

Dengan tautan itu, Switch to Android di iPhone berhasil diunduh dan digunakan. Fitur ini tampaknya sudah siap di sisi iOS, sedangkan dari sisi Android, proses penyiapan dan pemulihan belum siap digunakan untuk aplikasi Switch to Android.

Pada layar pertama, aplikasi menjelaskan apa saja yang dapat disalin dari iPhone ke ponsel Android, termasuk foto, video, kontak, dan banyak lainnya.

Langkah selanjutnya adalah meminta pengguna untuk memindai kode QR yang seharusnya ditampilkan di ponsel Android selama proses transfer data berlangsung.

Sayangnya, cara tersebut tidak berhasil diakses. Tapi yang pasti ponsel Android akan menghasilkan hotspot yang bisa dihubungkan dengan iPhone. Setelah terhubung, sebagian besar data yang diinginkan akan ditransfer secara nirkabel.

Langkah terakhir dari proses Switch to Android adalah meminta transfer data iCloud Anda ke Google Drive atau Google Foto.

Secara keseluruhan, Switch to Android adalah pengalaman yang memudahkan pengguna mentransfer data dari iPhone ke Android. Belum diketahui saat ini kapan Google akan merilis Switch to Android untuk diluncurkan secara luas.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bun, Ini Cara Cek Foto & Video Tersembunyi di Galeri HP Suami


(dem/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading